Bagaimana Cara Melatih Anjing Tanpa Kekerasan? Berikut Ulasannya

Annastasya Rizqa
Anjing Pitbull. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Anjing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Kendati begitu, cara melatih anjing agar patuh dibutuhkan kesabaran.

Melatih anjing perlu metode khusus dan tak boleh dengan kekerasan. Cara pelatihan yang keras dapat menyebabkan trauma pada si anjing. 

Para pemilik atau pawrent anjing bisa memerhatikan beberapa metode dalam melatih anjing. Berikut ini cara sederhana melatih anjing peliharaan agar patuh dan tanpa kekerasan, sebagaimana dikutip dari Rover. 

Cara Melatih Anjing Tanpa Kekerasan 

1. Kelola Lingkungan Anjing

Sebelum melatih mereka, pastikan Anda mengatahui seperti apa lingkungan sekitar.  Dengan mengelola lingkungan ini, Anda dapat menghilangkan pemicu denhan memasang gerbang untuk mencegah anjing melakukan perilaku yang tidak diinginkan. 

2. Memberi Perhatian

Perhatian dan tindakan lembut adalah hadiah bagi anjing. Jika anjing Anda melakukan kesalahan, gunakan interupsi yang tenang untuk menghentikan perilaku mereka. Cara ini dapat membuat anjing disiplin namun tanpa perlu kekerasan. 

3. Puji Anjing Anda  

Memberikan perhatian-perhatian kecil seperti memuji anjing juga perlu dilakukan. Saat anjing melakukan hal-hal baik, puji lah mereka. Cara ini dapat membuat psikis anjing merasa senang sehingga terus melakukan perilaku baik berkat pujian Anda. 

4. Berikan Anjing Waktu

Saat melatih anjing, berikan mereka waktu agar bisa mencerna didikan dan arahan dari yang diajarkan. Jangan memaksa anjing langsung patuh dan memahami ajaran. Hindari menimbulkan rasa sakit, ketakutan, atau kecemasan pada anjing.  

5. Tetap Tegas

Meski tak menggunakan kekerasan, Anda tetap bisa bertindak tegas agar mereka bisa lebih patuh. Namun, pastikan bukan teriakan ataupun kekerasan fisik yang diberikan. 

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network