Peserta Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Kunjungi PTPN IV Adolina

Kharisma
Peserta Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Kunjungi PTPN IV Adolina. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Peserta Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit dalam Rangka Pelatihan Pengembangan SDM PKS Tahun 2024 di Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan lapangan di PTPN IV Adolina.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit yang dilaksanakan oleh IPB Training bekerja sama dengan BPDPKS yang bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada pekebun sawit mengenai kegiatan budidaya kelapa sawit dan pembenihan kelapa sawit di industri.

Acara dimulai dengan kegiatan kunjungan di Kebun Polinasi Balai Benih Kelapa Sawit PTPN IV Adolina. Dimulai dengan penyambutan secara simbolis yang diwakili oleh Mahmud Irfan Lubis selaku Manajer Balai Benih Kelapa Sawit PTPN IV Adolina dan Dr Ir Hariyadi, MS Perwakilan tim Trainer IPB.

Hariyadi menyampaikan, kegiatan ini diharapkan agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan teoritikal yang telah didapatkan selama di kelas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk mendapatkan pengetahuan secara lebih luas dan spesifik lagi mengenai dunia industri PKS, dan agar dapat bermanfaat bagi diri, dan kemajuan Sawit Indonesia," ujar Hariyadi, Jumat (10/5/2024).

Lebih lanjut, Mahmud berbagi informasi mengenai kebun Adolina secara umum dan khususnya terkait balai benih yg secara mandiri memproduksi benih sawit berkualitas. 

Mahmud turut memberikan wawasan mengenai cara memilih benih yang baik serta ciri-ciri buah jantan dan betina yang baik. Selain itu peserta pun diajak untuk dapat menyaksikan langsung proses penyerbukan secara terkontrol agar mendapatkan benih yang unggul. Hal ini merupakan pengalaman dan pengetahuan baru bagi para peserta pelatihan.

Lebih lanjut, peserta berpindah menuju lokasi pengolahan benih dan bibit. Peserta diperkenalkan pada mesin-mesin dan teknologi modern yang digunakan dalam proses pengolahan benih hingga benih siap dijual. 

"Selama kunjungan, peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan petugas dan pekerja di kebun dan lokasi pembenihan. Mereka juga diberi penjelasan mengenai metode-metode inovatif dalam pertanian modern yang diterapkan di kebun ini," tutur Mahmud.

Selain di lokasi pengolahan benih dan bibit, peserta pun melakukan kunjungan ke kebun tanaman yang belum menghasilkan dan tanaman yang sudah menghasilkan. Peserta sangat antusias dan saling berdiskusi mengenai pengalaman pada masing masing kebun.

"Dari perjalanan kunjungan lapangan yang bermanfaat ini, pekebun mendapatkan wawasan praktis yang berharga tentang pembenihan, pembibitan dan cara pemeliharaan tanaman kelapa sawit. Mereka merasa terinspirasi dan siap mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang yang telah mereka peroleh dalam menjawab tantangan di masa depan dalam komoditas kelapa sawit," pungkas Mahmud.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network