Debat Capres 2024, Yuk Bandingkan dengan Debat Calon Presiden Paling Penting dalam Sejarah Amerika

Vitrianda Hilba Siregar
Debat Capres 2024 untuk Pilpres 2024 bakal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat Capres 12 Desember 2023 Selasa sore nanti adalah debat pertama. Foto: iNews

 

MEDAN, iNewsMedan.id -  Debat Capres 2024 untuk Pilpres 2024 bakal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat Capres 12 Desember 2023 Selasa sore nanti adalah debat pertama.

Tiga pasangan capres cawapres akan tampil dalam debat nanti. Pasangan Capres Cawapres nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Mahfud MD; nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran; dan nomor urut 3 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan tampil dalam debat nanti.

Bagaimana mereka memaparkan visi misi dan bagaimana jalannya perdebatan bisa disimak bersama. Materi debat capres pun sudah disiapkan. 

Sementara live streaming debat capres 12 desember 2023 bisa di klik di sini https://www.inews.id/tag/link-live-streaming

Namun tahukah Anda dalam debat capres untuk pemilihan presiden di Amerika Serikat tercatat ada beberapa debat pilpres terpanas. Berikut ini dirangkum dari laman Time.com debat capres terpanas di Amerika Serikat

1. John F.Kennedy vs Richard Nixon (1960)
Debat pertama antara Kennedy dan Nixon mungkin merupakan debat presiden paling penting sepanjang masa, kata William Benoit, profesor komunikasi di Universitas Alabama di Birmingham. Acara tersebut bukan hanya merupakan debat presiden pertama yang disiarkan secara nasional di televisi dalam sejarah, namun baik Kennedy — yang saat itu adalah Senator dari Massachusetts — dan Wakil Presiden Nixon kemudian menjadi Presiden.

Kandidat presiden John F. Kennedy dan Richard M. Nixon saling tersenyum sebelum memulai debat TV
pertama mereka. Paul Schutzer—Koleksi Gambar HIDUP/Gett

Meskipun perdebatan ini terkenal, ada satu cerita yang mungkin Anda pikir sudah Anda ketahui adalah “salah,” kata Benoit.

Dalam 60 tahun terakhir, narasi paling terkenal tentang debat tersebut adalah bahwa Nixon akhirnya kalah dalam pemilu karena ia terlihat tua dan lelah selama debat, sedangkan Kennedy, yang memakai riasan, tampak muda dan bersemangat. Ceritanya, orang-orang yang menyaksikan debat tersebut di televisi percaya bahwa Kennedy telah memenangkan debat tersebut, namun mereka yang mendengarkan pidato mereka di radio percaya bahwa Nixon telah tampil lebih baik.

Menurut Benoit, penjelasan ini tidak berlaku karena demografi yang mendengarkan perdebatan di radio sangat berbeda. Misalnya, sebagian besar pendengar radio adalah para petani, yang mendengarkan perdebatan tentang traktor mereka. Ada terlalu banyak faktor yang berperan untuk mengatakan bahwa kesenjangan TV-radio hanya disebabkan oleh kosmetik.

“Orang-orang yang mendengarkan di radio memiliki pengetahuan berbeda, sikap berbeda, dan tidak mencerminkan penonton televisi,” kata Benoit.

Tapi bukan berarti itu tidak penting. Dampak terbesar dari debat ini terhadap opini publik adalah memungkinkan masyarakat Amerika untuk melihat – atau mendengar – kedua kandidat secara bersamaan, kata Benoit.

“Kennedy adalah seorang Senator, dan, Anda tahu, dia adalah seorang pahlawan perang. Tapi Nixon pernah berada di Gedung Putih. Jadi banyak orang mengira Kennedy tidak berpengalaman. Tapi begitu mereka tampil di panggung bersama-sama, orang-orang berpikir, hei, orang-orang ini setara,” kata Benoit. “Ini bukan negarawan tua dan anak anjing muda. Ini memberi mereka kedudukan yang sama.”

Namun demikian, gagasan bahwa penampilan Nixon mematikan pencalonannya memperkuat gagasan bahwa penampilan adalah bagian penting dari perdebatan, kata Julian Zelizer, seorang profesor sejarah dan hubungan masyarakat di Universitas Princeton.

“Hal ini menetapkan standar dan menciptakan gagasan bahwa perdebatan tidak hanya mengenai substansi, tetapi juga presentasi,” kata Zelizer.

2. Jimmy Carter vs Gerald Ford (1976)

Setelah pemilu Nixon-Kennedy, periode panjang berlalu tanpa adanya perdebatan pemilu. Hal ini berubah ketika Presiden Ford tertinggal dalam kampanye tahun 1976, dan memutuskan bahwa ia perlu berdebat dengan Gubernur Georgia Jimmy Carter, kata Benoit.

“Perdebatan tersebut sangat penting untuk memperkuat anggapan bahwa akan ada perdebatan setiap tahunnya,” jelas Benoit.

Jimmy Carter dan Gerald Ford ditampilkan di hadapan panel pada debat kedua di Istana Seni Rupa San Francisco.
Bettmann—Arsip Bettmann

Pasangan ini saling berhadapan dalam total tiga debat, tetapi debat tersebut paling diingat untuk satu momen selama debat kedua. Presiden Ford menyatakan bahwa “Tidak ada dominasi Soviet di Eropa Timur, dan tidak akan pernah ada pemerintahan Ford di bawah pemerintahannya.” Pada saat itu, bahkan moderatornya, Max Frankel dari New York Times, tidak dapat menahan keterkejutannya: “Maaf, apa? … apakah saya mengerti maksud Anda, Tuan, bahwa Rusia tidak menggunakan Eropa Timur sebagai wilayah pengaruh mereka dalam menduduki sebagian besar negara di sana dan memastikan dengan pasukan mereka bahwa itu adalah zona komunis…”

Zelizer berpendapat bahwa momen tersebut menunjukkan betapa rentannya para kandidat selama debat yang disiarkan televisi.

“Mengatakan sesuatu dengan cara yang salah dan tidak terlihat jelas di depan kamera bisa menjadi bencana politik,” kata Zelizer.

Tidak pasti apakah kesalahan tersebut pada akhirnya mengubah hasil pemilu yang dimenangkan Carter. Pakar lain berpendapat bahwa tidak ada bukti jajak pendapat yang menyatakan bahwa perdebatan tersebut merugikan kampanye Ford. Namun, momen tersebut tentu membuat Ford yang terkenal kikuk, terlihat kurang informasi.

3. Jimmy Carter vs Ronald Reagan (1980)
Presiden Jimmy Carter dan penantangnya dari Partai Republik, Ronald Reagan, berjabat tangan saat mereka saling menyapa sebelum debat di panggung Music Hall di Cleveland, Ohio. (Bettmann—Arsip Bettmann)
Presiden Jimmy Carter dan penantangnya dari Partai Republik, Ronald Reagan, berjabat tangan saat mereka saling menyapa sebelum debat di panggung Music Hall di Cleveland, Ohio. Bettmann—Arsip Bettmann
Meskipun Carter adalah kandidat yang kurang dikenal pada tahun 1976, ia memainkan peran yang berlawanan pada pemilu tahun 1980, kata McKinney.

Jimmy Carter dan Ronald Reagan berjabat tangan sebelum debat di panggung Music Hall di Cleveland, Ohio. \
Bettmann—Arsip Bettmann

“Kami menganggap Ronald Reagan sebagai Presiden yang hebat dan terkenal. Saat itu, dia menjabat sebagai gubernur California. Dia membutuhkan paparan. Dia mendapat satu debat melawan Jimmy Carter; dia melakukan pekerjaan luar biasa dalam debat itu,” kata McKinney.

Pasangan ini menghadapi satu perdebatan. Sementara Carter membumbui retorikanya dengan fakta dan kebijakan, Reagan membalas dengan satu kalimat, termasuk “Apakah keadaan Anda lebih baik dibandingkan empat tahun lalu?” dan “Ini dia lagi.”

Reagan menang, sebagian karena dia memahami dasar perdebatan tersebut. Meskipun Carter tampil sebagai orang yang “tidak memiliki humor”, Reagan memikat penonton.

“Para kandidat harus ingat bahwa ini adalah debat kampanye yang disiarkan di televisi. Ini bukanlah upaya masyarakat yang memperdebatkan perguruan tinggi, dalam hal siapa yang akan menang – belum tentu siapa yang memiliki bukti paling banyak, siapa yang bisa mengutip statistik paling banyak,” jelas McKinney. Sebaliknya, seorang kandidat harus “menyajikan narasi yang menarik kepada rakyat Amerika mengenai siapa mereka.”

4. George HW Bush vs Bill Clinton vs Ross Perot (1992)
Seperti kandidat presiden sukses lainnya sebelum dia, Bill Clinton diyakini telah memenangkan debat tahun 1992 – dan pemilu – sebagian karena dia terlihat lebih disukai daripada lawannya dalam tiga debat. Dalam salah satu momen terkenal dalam debat kedua, Bush tertangkap kamera sedang melihat arlojinya.

“Visual itu sangat penting, dan itu menentukan siapa seseorang,” kata Zelizer.

McKinney berpendapat bahwa perdebatan ini sangat penting karena memperkenalkan publik tidak hanya kepada Gubernur Arkansas Clinton, tetapi juga kepada kandidat pihak ketiga, pengusaha Ross Perot, yang akhirnya mampu mengumpulkan 18,9% suara. Jajak pendapat menunjukkan bahwa Perot mengambil suara yang sama dari Clinton dan Bush, meskipun beberapa ahli masih tidak setuju; Mary Matalin, mantan direktur kampanye Bush, kemudian mengatakan bahwa dia “sangat yakin” bahwa Perot merugikan Bush dalam pemilu.

“Dia menyampaikan pesan kepada kami. Setiap peristiwa yang kita alami – terutama perdebatan dengannya – menyebabkan kinerja Presiden Bush buruk,” kata Matalin.

5. George W Bush vs Al Gore (2000)
Dalam pemilu yang sangat ketat seperti pemilu tahun 2000, perdebatan mungkin menjadi hal yang sangat penting. Selama tiga debat tahun itu, Wakil Presiden Gore tampaknya “kalah” terhadap Gubernur Texas Bush setelah debat tersebut. Bush tampil sebagai kandidat yang lebih cocok, sementara Gore mengutarakan fakta, bantah McKinney.

“Kami memiliki pasangan Al Gore yang sangat intelektual, kebalikan dari tipe pria rumahan George W. Bush dari Texas. Dan hal ini tidak berjalan baik dalam rangkaian perdebatan tersebut,” kata McKinney.

Seperti yang ditulis TIME pada tahun 2000, “Minggu lalu, George W. Bush dan Al Gore berdiri di podium, dan Gore, sesuai dengan perabotannya, memberikan apa yang terkesan sebagai ceramah: mengoreksi lawannya, bertahan, mendesah kesal atas jawaban Bush. . Para pakar dan jajak pendapat sepakat: Gore memenangkan perdebatan. Lalu dia kalah: dalam waktu seminggu, Bush telah unggul dalam beberapa jajak pendapat, karena para pemilih tampaknya merasa bosan dengan Profesor yang Tahu Segalanya.”

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network