Debat Capres 2024, Yuk Bandingkan dengan Debat Calon Presiden Paling Penting dalam Sejarah Amerika

Vitrianda Hilba Siregar
Debat Capres 2024 untuk Pilpres 2024 bakal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat Capres 12 Desember 2023 Selasa sore nanti adalah debat pertama. Foto: iNews

4. George HW Bush vs Bill Clinton vs Ross Perot (1992)
Seperti kandidat presiden sukses lainnya sebelum dia, Bill Clinton diyakini telah memenangkan debat tahun 1992 – dan pemilu – sebagian karena dia terlihat lebih disukai daripada lawannya dalam tiga debat. Dalam salah satu momen terkenal dalam debat kedua, Bush tertangkap kamera sedang melihat arlojinya.

“Visual itu sangat penting, dan itu menentukan siapa seseorang,” kata Zelizer.

McKinney berpendapat bahwa perdebatan ini sangat penting karena memperkenalkan publik tidak hanya kepada Gubernur Arkansas Clinton, tetapi juga kepada kandidat pihak ketiga, pengusaha Ross Perot, yang akhirnya mampu mengumpulkan 18,9% suara. Jajak pendapat menunjukkan bahwa Perot mengambil suara yang sama dari Clinton dan Bush, meskipun beberapa ahli masih tidak setuju; Mary Matalin, mantan direktur kampanye Bush, kemudian mengatakan bahwa dia “sangat yakin” bahwa Perot merugikan Bush dalam pemilu.

“Dia menyampaikan pesan kepada kami. Setiap peristiwa yang kita alami – terutama perdebatan dengannya – menyebabkan kinerja Presiden Bush buruk,” kata Matalin.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network