Deretan Penyakit yang Dijuluki Silent Killer, Nomor 1 Diabetes

Wiwie Heriyani
Ilustrasi. (Foto: Allen county)

3. Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit ganas yang termasuk dalam silent killer karena kerap tak terdeteksi. Hal ini karena pada fase awal penyakit, kanker tidak mempunyai tanda atau gejala yang jelas, sehingga dianggap sebagai keluhan yang biasa. Ada berbagai jenis kanker dengan gejala yang berbeda-beda tiap jenisnya.

Gejala umum kanker adalah penurunan berat badan yang drastis dan sering merasa lelah. Pada kalangan perempuan, tanda kanker payudara adalah munculnya benjolan di area payudara. Adapun pada laki-laki, gejala seperti batuk yang tak kunjung hilang hingga batuk berdarah patut diwaspadai sebagai gejala kanker paru-paru. Untuk mencegah terjadinya kanker, maka harus menghindari pemicunya, yaitu dengan tidak merokok dan menjauhi asap rokok, makan makanan dengan gizi seimbang dan kaya antioksidan, rajin berolahraga, serta menjaga berat badan yang sehat.

4. Penyakit jantung

Penyakit jantung dan pembuluh darah termasuk dalam jenis penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit penyebab kematian nomor satu secara global. Karakter penyakit ini bisanya tak disertai gejala yang jelas. Penyebab utama penyakit jantung dan strok adalah masalah pada pembuluh darah, terutama penyumbatan yang menghalangi aliran darah menuju jantung atau otak.

Gejala penyakit jantung yang umum antara lain rasa nyeri pada dada yang menjalar hingga leher, rahang, dan punggung, sesak napas, jantung berdebar-debar, serta berkeringat dingin. Adapun stroke adalah penyakit saraf dengan gejala utama terganggunya sistem keseimbangan dan koordinasi tubuh. Cara utama untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, terutama rutin berolahraga dan makan makanan yang menyehatkan.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Waspada 4 Penyakit Ini Dijuluki Silent Killer, Apa Saja?

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network