Bahaya Tembakau Sintesis yang Digunakan Bobby Joseph, Bisa Berujung Kematian

Chris
Ilustrasi Tembakau Sintetis (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Artis Bobby Joseph ditangkap pada Jumat, (21/7/2023) lalu, diketahui lantaran terbukti sebagai penyalahguna narkoba jenis tembakau sintetis.  

Namun tahukah kamu bagaimana efek dan bahayanya narkoba jenis tersebut? Yuk simak artikel berikut ini! 

Mengutip dari laman resmi Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan, tembakau sintetis bukan terbuat dari daun ganja atau marijuana. Sebut saja sinte jenis gorilla, yang terbuat dari tanaman herbal. Campuran tersebut kemudian disemprotkan cairan kimia berupa narkotika buatan. Kemudian campuran tersebut dipakai dengan cara dilinting seperti menggunakan ganja kemudian diisap. 

Banyak orang yang tertipu dan mengira tembakau sintetis ini adalah produk alami dan mengira sebatas obat herbal biasa. Padahal bahan kimia yang terkandung didalamnya sengaja dibuat secara artifisial untuk meniru efek ganja atau ekstasi. 

Efek yang ditimbulkan sendiri layakanya nge-fly seperti tertimpa gorilla. Bagi pengguna yang tidak kuat menahan efeknya bisa muntah bahkan pingsan.

Ada berbagai efek samping tembakau sintetis yang sangat berbeda dengan ganja. Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh tembakau gorila

1. Gangguan Suasana Hati 

Pada awal pemakaian tembakau ini dapat meningkatkan suasana hati. Namun, efek tersebut dengan cepat menjadi berbahaya termasuk kebingungan, paranoia dan halusinasi. Hal ini dapat berujung pada hal-hal serius seperti melukai diri sendiri, bunuh diri, dan kekerasan fisik terhadap orang lain.

2. Gejala Penarikan (Sakau) 

Sama halnya dengan gejala narkoba pada umumya, tembakau gorila juga dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Ketika ketagihan tidak terpenuhi, dapat terjadi gejala penarikan atau disebut sakau. 

Editor : Chris

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network