Ngobrol Bareng Legislator: Dunia Maya dan Jejak Digital

Ismail
Ngobrol Bareng Legislator: Dunia Maya dan Jejak Digital (ist)

Terdapat banyak jejak digital yang bisa ditinggalkan di internet diantaranya adalah postingan di media sosial, pencarian di google, tontonan di youtube, pembelian di marketplace, game online yang dimainkan, aplikasi yang diunduh, situs web yang dikunjungi, music online yang diputar, dan masih banyak lagi. 

“Jejak digital itu bisa  menjadi sesuatu yang positif namun juga hati-hati jejak digital itu juga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini yang perlu kita perhatikan yaitu bagaimana perilaku yang kita lakukan di media sosial serta jangan terlalu over sharing misalnya dalam memberikan informasi yang sifatnya pribadi,"  tambah Merry. 

Perlu sebuah strategi pengendalian di dalam dunia digital agar data pribadi tidak bocor serta jejak digital dapat dikendalikan yakni dengan kurangi penggunaan media sosial, lindungi  data pribadi jangan terlalu over sharing, bersembunyi yaitu bahwa tidak semuanya harus kita publikasikan, dan gunakan alternatif. 

“Kita sebagai orang yang hidup dengan dunia digital dan tidak lepas dengan adanya dunia digital. Maka kendalikalah jejak digital dan buat hal-hal yang positif dan berhati-hatilah karena sekali keluar  hal-hal negatif itu akan sangat susah untuk dikendalikan,” pesan Merry 

Ahli Kebijakan Publik, Bryan Pasek Mahararta menyatakan bahwa kesadaran mengenai bagaimana di era digital ini memang risk-an ketika kita kurang dalam pemahaman terhadap literasi digital dalam media sosial. 

Digitalisasi menjadi keniscayaan dan telah mendisrupsi segala aspek kehidupan. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dunia saat ini sudah tidak tampak ada batasnya antara ruang maya dan nyata, bahkan antarnegara seperti tanpa ada sekat (borderless). Globalisasi telah memungkinkan semua itu terjadi. 

Perubahan perilaku dan pola hidup masyarakat yang sudah sangat ketergantungan dengan teknologi membuat setiap detik adalah sesuatu yang bisa saja menjadi trending topic dan viral. Sehingga, maraknya persebaran informasi yang belum tentu valid dapat menimbulkan keresahan dan kegaduhan ditengah masyarakat. 

“Terdapat sebuah fenomena bahwa Informasi yang tersedia online untuk diunduh atau didistribusikan di media elektronik. Banyak orang di industri konten berpendapat bahwa konten online adalah segala sesuatu yang dapat dipublikasikan. Content digital telah menjadi sumber daya penting dalam pemasaran digital,"ungkap Bryan. 

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network