Ini Bekal yang Harus Disiapkan Hadapi Tren Pekerjaan di Dunia Digital 

Ismail
Webinar Ngobrol Bareng Legislator: Tren Pekerjaan di Dunia Digital, Jumat (31/3). 

Membahas mengenai konten creator, Gun gun memberikan cara untuk menjadi konten kreator. 

“Kenali target audiens, pilihlah platform media sosial yang tepat untuk membuat konten, buat konten unik sesuai brand kamu, konsisten serta aktif di media sosial, dan selalu update mengikuti trend yang ada," rincinya. 

Program Manager Network for Education Watch (New IndonesiaJPPI), Ari Hardianto, MA menyatakan proses digitalisasi bermula ketika masuknya internet di dunia sehingga mulai terdapat pergeseran-pergeseran dunia kerja bermulai. 

Data terkait penggunaan digital dalam pengembangan ekonomi menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp 305,5 triliun, naik 11,9% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2021, Bank Indonesia memperkirakan bahwa transaksi non-tunai di Indonesia akan mencapai Rp 4.000 triliun, naik 28% dari tahun sebelumnya. Menurut data dari McKinsey Global Institute, pada tahun 2019, internet dan ekonomi digital mencakup 8,3% dari PDB Indonesia dan diperkirakan akan mencapai 10% pada tahun 2025. 

"Menurut Nadiem terdapat 5 karir yang paling dicari yaitu software engineer, UX designer, product manager, researcher, dan data analyst.” ungkap Ari. 

Terdapat 10 skill yang harus disiapkan yakni harus pintar dalam strategi planning terutama di media digital, tactic and execution, community management, bagaimana konten kita bekerja atau bias mempengaruhi seseorang, optimalisasi content dan teknologi, creative mindset, memiliki kemampuan skill menulis, be on the top of the largest digital marketing trends, skill analisi, yang terakhir leadership dan skill komunikasi. 

"Terdapat dampak dari tren di dunia digital karena dengan cepatnya teknologi yang ada sehingga terdapat beberapa perubahan. Diantaranya perubahan psikologi yaitu meningkatkan risiko ketergantungan pada teknologi dan kecanduan digital sehingga diperlukan pengaturan waktu dan penggunaan teknologi yang sehat agar kesehatan mental tetap terjaga," sebutnya. 

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network