Alokasi Pupuk Subsidi Kabupaten Samosir Naik 15,9 Persen

Kharisma
Alokasi pupuk subsidi Kabupaten Samosir naik 15,9 persen. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kabar baik untuk petani di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Berdasarkan data e-alokasi, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) menetapkan alokasi di Kabupaten Samosir sebesar 13.931 ton di tahun 2023, atau meningkat 15,91 persen dari alokasi tahun sebelumnya yang sebesar 12.018 ton untuk dua jenis pupuk yaitu urea dan NPK.

Vice President (VP) Penjualan Wilayah 1 PT Pupuk Indonesia (Persero), Wawan Arjuna mengatakan, alokasi pupuk bersubsidi Kabupaten Samosir akan didistribusikan ke-9 kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku. Adapun rincian alokasi tersebut terdiri dari jenis pupuk Urea sebesar 7.552 ton dan NPK sebesar 6.378 ton.

"Alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Samosir untuk tahun 2023 mencapai 13.931,095 ton untuk jenis pupuk Urea dan NPK. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 15,91 persen dibandingkan dengan alokasi tahun 2022 yaitu sebesar 12.018 ton untuk jenis pupuk Urea dan NPK," kata Wawan, Rabu (22/2/2023).

Wawan memastikan seluruh alokasi pupuk bersubsidi tersebut akan diterima kepada petani yang memenuhi kriteria seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi di Sektor Pertanian. Pada aturan ini Pemerintah memfokuskan subsidi pupuk pada dua jenis yaitu Urea dan NPK.

Pada aturan yang baru ini, terjadi perubahan pada komoditas tanaman yang mendapatkan subsidi pupuk, yaitu terdapat 9 komoditas yang mendapat subsidi pupuk mulai dari tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network