Siapa Saja Pahlawan Nasional di Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022? Ini Daftarnya 

Fayha Afanin Ramadhanti
8 Pahlawan di Uang Rupiah Baru (Foto: Okezone)

2. Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja

Pada 28 September 1945, Djuanda menduduki posisi pimpinan para pemuda untuk mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang. Kemudian, diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Kepala Jawatan Kereta Api untuk wilayah Jawa dan Madura. Selain itu, beberapa kali menjabat sebagai Menteri di Indonesia.

Berdasarkan Keputusan RI No.224/1963, Ir Djuanda pun menjadi tokoh nasional. Saat ini, Djuanda Kartawidjaja menjadi gambar utama uang kertas pecahan Rp50.000.

3. Sam Ratulangi

Sam Ratulangi menjadi gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20.000. Sam Ratulangi mempunyai nama lengkap, Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (GSSJ Ratulangi).

Dia sempat berprofesi sebagai politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara. Seorang tokoh multidimensional yang dikenal dengan filsafatnya Si tou timou tumou tou yang artinya manusia baru dapat memanusiakan manusia.

4. Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo diberikan gelar Pahlawan Nasional dan dianugerahkan Bintang Maha Putera Adi Pradana Kelas Dua pada tahun 1993.

Pada masa mudanya, ia ikut mengibarkan Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan aktif menjadi penegak eksistensi Republik Indonesia di Papua.

Frans Kaisiepo sebagai gambar utama di uang kertas pecahan Rp10.000.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network