M. Said Noor, Pahlawan Kemerdekaan dari Pulau Tello yang Terlupakan 

Jafar
Surat Kuasa Panglima Besar Angkatan Perang Republik Indonesia yang isinya memberikan kuasa kepada M. Said Noor untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara tetangga yang bersimpati kepada perjuangan Bangsa Indonesia (Foto : Istimewa)

Baru pada, 2 Mei 1948, M. Said Noor pulang ke Indonesia dan bergabung Bersama Jenderal Soedirman. "Beliau ikut bergerilya bersama Jendral Soedirman hingga akhirnya mendapat tugas khusus untuk hubungan luar negeri. Sayangnya, data-data dan foto-foto beliau dengan Panglima Jenderal Soedirman sudah entah kemana, kami sedang berupaya mencarinya," jelas Coki lagi. 

Di hari kemerdekaan 2022, Coki berharap, pemerintah melakukan penelitian dokumen sejarah dengan lebih serius agar Pahlawan-pahlawan yang terlupakan bisa diungkap dan menjadi pelajaran sejarah.

"Yang terjadi sekarang ini, anak-anak Pulau Tello sendiri bahkan tidak tau sama sekali tentang hebatnya perjuangan M. Said Noor dan abangnya. Begitu juga di catatan sejaran Kepulauan Nias, kami tidak melihat ada satupun nama orang-orang besar ini tercatat dalam sejarah hebat Kepulauan Nias," pungkasnya.



Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network