Karhutla di Kabupaten Samosir Berhasil Dipadamkan, Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran 

Ismail
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Samosir yang terjadi di kawasan hutan lindung dan Hutan Produksi Terbatas (HPT) pada sejumlah kecamatan di sana berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

MEDAN, iNewsMedan.id - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Samosir yang terjadi di kawasan hutan lindung dan Hutan Produksi Terbatas (HPT) pada sejumlah kecamatan di sana berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan bahwa Karhutla yang terjadi di Kabupaten Samosir sudah berhasil dipadamkan.

"Sampai dengan saat ini area kebakaran hutan yang terjadi di Kabupaten Samosir kondisinya sudah padam. Api berhasil dikendalikan," kata Hadi kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Dalam pemadaman Karhutla tersebut, kata Hadi setidaknya ada 200 personel gabungan yang diturunkan untuk memadamkan api yang berada dilahan-lahan yang terbakar. 

"Ada 200 lebih personel gabungan dari TNI, Polri, Magala Agni, Damkar kabupaten setempat bersama-sama untuk memadamkan api," terangnya. 

Hadi juga mengungkapkan bahwa dalam Karhutla tersebut, dua orang yang diduga sebagai pelaku pembakaran hutan masih dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. 

"Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim Labfor dan penyidikan dari Polda Sumut dan Polres ada mengamankan dua orang yang diduga pelaku berdasarkan keterangan sementara mereka mengakuinya. Di mana, tujuan awalnya adalah untuk membuka lahan perkebunan dan yang satu lagi anak yang dibawah umur disuruh seorang untuk membakar sampah. Dan api sampah yang terbakar merembet hingga terjadi kebakaran hutan dan lahan," ungkap Hadi. 

Sampai saat ini, Hadi menambahkan bahwa penyidik terus mendalami kebakaran ini dan petugas Damkar juga masih standby di lokasi. 

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network