Sepekan, IHSG, Rupiah dan Emas Turun

Isnaini Kharisma
Foto ilustrasi

Selain IHSG dan Rupiah, harga emas juga mengalami penurunan dalam sepekan. Harga emas saat ini ditransaksikan dikisaran level $1.795 per ons troy. Melemah di bawah level psikologis 1.800 yang memungkinkan terjadinya pelemahan lanjutan pada harga emas dunia nantinya. Kalau dihitung dengan Rupiah, harga logam mulia saat ini dijual dikisaran 865 ribu per gram.

"Pemicu pelemahan pada kinerja Rupiah, IHSG maupun harga emas dunia belakangan ini tidak terlepas dari isu utama kenaikan bunga acuan Bank Sentral AS. Hal itu akan kembali berlanjut di bulan Juli ini. Sementara itu, sejumlah sentimen lainnya seperti kenaikan harga energi maupun harga pangan dunia berpeluang menciptakan potensi lonjakan laju inflasi," jelasnya.

Ditambah lagi perang yang belum berkesudahan dan penambahan jumlah pasien Covid-19. Bahkan untuk gelombang baru Covid-19 ini, pemerintah China harus memberlakukan lockdown di negaranya. Jadi ada banyak sentimen negatif yang menekan kinerja pasar keuangan, maupun harga emas selama sepekan ini.



Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network