get app
inews
Aa Read Next : Kepala Dinas Kominfo Sumut Lantik Dua Orang PPPK

Diperkirakan 2,3 Juta Warga Sumut Mudik Menjelang Lebaran

Selasa, 26 April 2022 | 18:35 WIB
header img
Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut, Kaiman Turnip bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, Alfi Syahriza saat menggelar konferensi pers. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sebanyak 2,3 juta warga Sumatera Utara diperkirakan akan melakukan mudik atau pulang kampung menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Mengingat, sudah dua tahun masyarakat tidak dapat mudik lantaran pandemi Covid-19. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut Alfi Syahriza saat konferensi pers yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Selasa (26/4/2022). 

“Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau 30 April 2022, dan puncak arus balik diperediksi H+5 atau 8 Mei 2022,” ungkap Alfi Syahriza. 

Kata Alfi, untuk menjaga arus mudik berjalan aman, Dishub Sumut telah mendirikan posko-posko pengamanan. Selain itu untuk memastikan bahwa moda transportasi umum dalam kondisi laik jalan,  Dishub juga telah melakukan Ramp Check (Inspeksi Keselamatan) pengemudi/awak, sarana dan test urine pengemudi di terminal dan Pool Bus AKAP/AKDP. 

Alfi juga mengungkapkan, jumlah penumpang masa Lebaran untuk angkutan jalan diprediksi per harinya sebanyak 29.792 penumpang. Lalu angkutan penyeberangan 1.891 kendaraan, angkutan kereta api 11.976 penumpang. Sementara, angkutan laut 1.198 penumpang per trip dan untuk angkutan udara diprediksi 16.192 penumpang per hari. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut