get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Tak Sabar Gabung Timnas Indonesia Demi Wujudkan Impian Sang Nenek

Kembali Memanas, Puluhan Diplomat Belanda, Belgia dan Austria Diusir Rusia, Ada Apa?

Rabu, 20 April 2022 | 09:28 WIB
header img
Rusia usir puluhan diplomat negara-negara Barat (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Puluhan diplomat Belanda, Belgia, dan Austria diusir dari Rusia. Mereka diminta untuk segera angkat kaki dari negeri beruang merah. Hal tersebut sebagai balasan atas tindakan serupa yang dilakukan negara-negara Barat tersebut terhadap sejumlah utusan Moskow, beberapa waktu lalu.

Kantor berita Sputnik melaporkan, Rusia telah memutuskan untuk mengusir 15 diplomat Belanda. Di mana, Kementerian Luar Negeri Rusia menyebutkan bahwa duta besar Belanda telah dipanggil pada Selasa (19/4/2022). Sang dubes ditanyai tentang keputusan Belanda mengusir 18 diplomat Rusia dari negeri kincir angin, pada akhir Maret lalu.

"Sebagai tanggapan atas tindakan tidak bersahabat Den Haag (Belanda), 14 pegawai Kedutaan Belanda di Moskow dan satu pegawai Konsulat Jenderal Belanda di St Petersburg dinyatakan sebagai persona non grata. Mereka diperintahkan untuk meninggalkan wilayah Federasi Rusia dalam waktu dua minggu," ungkap Kemlu Rusia dalam sebuah pernyataan.

Rusia juga mengusir para diplomat Belgia sebagai balasan atas keputusan Brussels yang lebih dulu mengusir 21 diplomat Rusia dari negara anggota Uni Eropa itu.

"Duta Besar (Belgia) diberi surat dari kementerian yang menyatakan karyawan kedutaan Belgia di Moskow telah ‘persona non grata’, dan mereka diperintahkan untuk meninggalkan wilayah Federasi Rusia sebelum pengujung hari pada 3 Mei," kata Kemlu Rusia lagi.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut