Logo Network
Network

Kisah Rasulullah SAW Mudik ke Mekkah pada Bulan Ramadan

Rusman H Siregar
.
Selasa, 12 April 2022 | 11:00 WIB
Kisah Rasulullah SAW Mudik ke Mekkah pada Bulan Ramadan
Ilustrasi Rasulullah dan sahabat pulang ke Mekkah saat peristiwa Fathu Makkah dalam Film Ar-Risalah. Foto/dok palontaraq

Mudik menjadi tradisi tahunan bagi setiap umat muslim di Indonesia. Biasanya, hal itu dilakukan di penghujung Ramadan untuk menyambut datangnya Lebaran

Tak hanya umat muslim di Indonesia, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) juga pernah 'mudik' ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Berikut ceritanya. 

Bagi umat muslim Indonesia, mudik menjadi momen bahagia karena bisa berkumpul dan bersilaturrahim dengan keluarga besar. Dalam Islam, menyambung silaturrahim dan saling memaafkan merupakan akhlak mulia dan terpuji.

Setiap menjelang Idul Fitri, mereka meninggalkan rutinitasnya di tanah perantauan dan berbondong-bondong menuju kampung halamannya. Tradisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun, entah siapa yang memulainya. Akan tetapi, Rasulullah SAW dan para sahabat ternyata juga pernah 'mudik', jauh sebelum umat muslim Indonesia melakukannya. 

Mengutip NU Online, Rasulullah SAW pulang kampung ke Mekkah setelah delapan tahun meninggalkan kampung halamannya tersebut pada tanggal 10 Ramadhan abad ke-8 Hijriyah atau bertepatan dengan 8 Juni 632 M. 

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini