get app
inews
Aa Read Next : Hari Jumat, Hadiah dari Allah Ta'ala untuk Umat Muslim

Hari Jumat Ada Peristiwa Penting dan Keberkahannya Luar Biasa

Jum'at, 08 April 2022 | 08:03 WIB
header img
Hari Jumat mempunyai keberkahan yang luar biasa.

HARI  Jumat mempunyai keberkahan yang luar biasa. Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan, keistimewaan dari hari Jumat yakni adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Apa sajakah itu?

Berikut ini dijelaskan Ustadz Khalid Basalamah, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Islam terkini, Jumat (4/8/2022).

1. Nabi Adam diciptakan dan hari kiamat terjadi

Keistimewaan hari Jumat bagi umat Islam adalah waktu penciptaan Nabi Adam Alaihissallam. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Selain itu, hari kiamat kelak akan terjadi pada hari Jumat. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissallam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (HR Muslim)

2. Waktu mustajab berdoa

Keistimewaan berikutnya dari hari Jumat bagi umat Islam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Tidak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, beribadah di hari Jumat juga menjadi waktu yang tepat untuk meminta pertolongan-Nya. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadis:

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata; Abul Qasim Shallallahu 'alaihi wassallam pernah bersabda: 'Pada hari Jumat terdapat waktu yang tidaklah seorang hamba Muslim sholat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.' Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata: 'Yaitu beliau menyempitkannya'.'' (HR Bukhari dan Muslim)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut