get app
inews
Aa Read Next : Berburu Lailatul Qadar Malam Ganjil, Yuk Itikaf di Masjid Ditemani 10 Tips Berikut Ini 

Kamu Harus Tahu, Ini Niat Mandi Puasa di Bulan Ramadan Lengkap Bacaan Arab dan Keutamaannya

Rabu, 06 April 2022 | 03:45 WIB
header img
Ilustrasi niat mandi puasa Ramadan. (Foto: Daarul Quran)

Puasa berasa dari istilah Arab, yakni Shaum (الصوم) yang berarti "menahan diri. Di mana, umat Islam yang menunaikan ibadah puasa harus menahan diri dari makan dan minum sebelum waktunya berbuka. Sementara, puasa dikerjakan mulai dari terbit fajar hingga azan magrib. 

Adapun dalil kewajiban puasa bagi setiap muslim dan muslimah terdapat di dalam Surat Al Baqarah/2: 183. Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wa ta'ala mewajibkan hamba-Nya untuk berpuasa dengan tujuan agar mereka bertakwa. Puasa bukan hanya disyariatkan kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, namun juga umat-umat sebelum Nabi. 

Pada surat yang sama namun di ayat yang berbeda, Surat Al Baqarah/2: 187, Allah Subhanahu wa ta'ala memperbolehkan hamba-Nya untuk kembali melakukan beberapa aktivitas yang pada pagi hingga sore hari dilarang dalam berpuasa: makan, minum, dan berhubungan suami-istri. 

Kegiatan bersenggama masih diperbolehkan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam bulan puasa, namun waktunya hanya di malam hari ketika tidak berpuasa. Hal ini diperkuat oleh hadis yang diriwayatkan dari ‘Aisyah dan Ummi Salamah yang artinya: 

"Dari Aisyah dan Ummi Salamah, bahwasannya Nabi Shallallahu alaihi wassallam pernah ketika waktu subuh dalam keadaan junub dari jima’ kemudian beliau mandi dan berpuasa. (Muttafaqun alaihi). Imam Muslim menambahi dalam hadisnya Ummi Salamah: 'dan beliau tidak mengqadha’ puasanya'." 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut