get app
inews
Aa Read Next : IM3 Ajak Antar Generasi Saling Rangkul di Bulan Ramadan

Buya Yahya Jelaskan Tanda Orang yang Meraih Ketakwaan di Bulan Ramadan

Minggu, 03 April 2022 | 05:00 WIB
header img
Buya Yahya ungkap tanda-tanda seseorang meraih takwa di bulan Ramadan. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)

Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tentu berlomba-lomba meraih ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Lantas, bagaimana tanda ketakwaan itu?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan takwa sendiri merupakan bentuk sikap dan perilaku baik kepada Allah Subhanahu wa ta'ala serta sesama manusia. Ada banyak cara meraih ataupun meningkatkan ketakwaan pada bulan Ramadan. 

Tidak sekadar menjalankan ibadah puasa, amalan baik lainnya juga harus dilakukan untuk menyokong seseorang meraih ketakwaan. Namun, kata Buya Yahya, pertanda seseorang mendapat ketakwaan itu tidak bisa dilihat saat bulan Ramadan, melainkan setelahnya. 

"Lihat, setelah keluar dari bulan Ramadan, apa yang terjadi pada orang tersebut. Lebih bagus atau enggak. Kalau ternyata ada perubahan sedikit, itu pertanda diqobul, ibadah Ramadan-nya diterima, masuk ke wilayah takwa," tutur Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa puasa Ramadan merupakan sebuah ujian untuk kaum Muslimin. Sementara hasilnya akan terlihat setelah selesainya bulan Ramadan. Jika ibadah seorang umat makin bertambah dan ketaatannya kepada Allah meningkat, maka berhasil meraih ketakwaan di bulan Ramadan. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut