Berbasis Eksperimen dan Kolaborasi, Lomba Sains di Medan Ajak Siswa Belajar Kritis

MEDAN, iNewsMedan.id - Gramedia Science Day (GSD), kompetisi sains berbasis permainan yang paling dinantikan, kembali hadir di Medan. Tahun ini, GSD menggandeng Danamon sebagai sponsor utama untuk mengajak anak-anak mengeksplorasi ilmu pengetahuan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
Acara ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 9 Agustus 2025, di Santika Dyandra Convention Center, Medan mengusung tema 'Energi', GSD 2025 menargetkan siswa-siswi SD kelas 4, 5, dan 6. Acara ini bukan sekadar kompetisi, melainkan wadah bagi para peserta untuk berkreasi, berpikir kritis, dan berinovasi.
"Program ini dirancang untuk membuktikan bahwa belajar sains bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan menginspirasi," kata Direktur Gramedia, Sugiarto, Selasa (5/8/2025).
Sebagai sponsor utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk tidak hanya mendukung penyelenggaraan acara, tetapi juga turut serta dalam meningkatkan literasi keuangan dan perencanaan pendidikan bagi para orang tua.
Riana Suagiat, Regional Corporate Officer Danamon, mengungkapkan kebanggaannya dapat kembali menjadi bagian dari GSD untuk keempat kalinya.
"Kehadiran kami merupakan wujud nyata dari visi Danamon untuk peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan, di mana pendidikan merupakan salah satu fondasi utama. Kami percaya, Gramedia Science Day akan menjadi upaya yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar dan rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan sejak usia dini," ujar Riana.
Kompetisi ini terbuka untuk siswa-siswi SD kelas 4, 5, dan 6 yang membentuk tim beranggotakan dua orang. Menariknya, peserta dapat berkolaborasi dengan teman dari sekolah yang sama maupun sekolah lain, bahkan dari jenjang kelas berbeda, selama masih dalam kategori yang ditentukan.
Proses pendaftaran dibuat mudah dan terjangkau. Calon peserta dapat mendaftar di toko Gramedia di Medan, melalui situs resmi Gramedia, atau melalui sekolah mitra. Setiap pendaftar akan menerima tanda verifikasi setelah pembayaran dan penyerahan berkas.
Setiap tim akan mengikuti rangkaian kompetisi yang mencakup teori dan eksperimen. Enam tim terbaik akan berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan dewan juri. Hadiah menarik berupa uang tunai, voucher belanja, medali, dan sertifikat telah disiapkan untuk para pemenang.
Editor : Jafar Sembiring