get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Literasi Digital di Indonesia Belum Baik, Masyarakat Harus Bijak Gunakan Medsos

Rabu, 23 Maret 2022 | 20:30 WIB
header img
Ilustrasi penggunaan media sosial (Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pengguna internet di Indonesia kian bertambah setiap tahunnya. Tentu, masyarakat juga harus bijak dalam menggunakan media sosial. 

Anggota Komisi 1 DPR RI, H. Kresna Dewanta Phrosakh, S.H.,M.Sos. mengingatkan untuk berhati-hati dalam bermedia sosial, berita hoax di internet sangat mampu mengubah pandangan terhadap suatu informasi dan menjadi masalah di Negara Republik Indonesia. 

“Kita berharap anak muda Indonesia dan pengguna internet lebih aware dan peka terhadap sumber berita yang bermunculan di internet. Verifikasi dahulu dan jangan asal sebar berita-berita yang ada di internet ini. Pada situasi ekonomi yang kurang menguntungkan seperti sekarang kita bisa menggunakan platform media sosial untuk hal-hal positif. Ingat kita punya UU ITE yang bisa dikenakan hukum jika kita asal sebar informasi di internet,” tuturnya. 

Hal tersebut disampaikan Kresna dalam “Webinar Series: Ngobrol bareng Legislator” bertajuk Menjadi Netizen Pejuang Bersama Melawan Hoax yang menghadirkan juga Samuel A. Pangerapan, B. Sc selaku Dirjen Aptika Kemkominfo dan Fajar Nursahid selaku peneliti Lentera Institut. 

Samuel berpandangan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin berpacu akibat pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas di ruang digital. Pengguna internet Indonesia mencapai lebih dari 200 juta dan akan meningkat setiap tahunnya.  

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut