get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan W20 di Danau Toba Bahas 8 Poin Penting, Salah Satunya Penyandang Disabilitas

Rusia Resmi Keluar dari Perkumpulan Dewan Eropa

Kamis, 17 Maret 2022 | 16:54 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Istimewa).

MOSKOW, iNews.id - Rusia menyatakan diri keluar dari perkumpulan Dewan Eropa pada Selasa (15/3/2022) lalu. Keputusan itu diumumkan sebelum pemungutan suara tentang pengusiran Rusia di majelis Dewan Eropa. 

Dewan Eropa merupakan pengawas hak asasi manusia terkemuka. Lembaga ini yang merancang Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia dan membantu negara-negara Eropa timur untuk mendemokratisasikan sistem politik mereka setelah runtuhnya Komunisme.  

Rusia menjadi negara kedua yang angkat kaki dari Dewan Eropa yang dibentuk pasca-Perang Dunia II. 

Sebelumnya, Yunani telah melakukan hal yang sama pada tahun 1969. Kedua negara itu melakukan langkah serupa untuk menghindari pengusiran.  

Bagi Yunani, keputusan keluar dilakukan setelah sekelompok perwira tentara merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Meski demikian, Yunani kembali menjadi anggota Dewan Eropa setelah memulihkan demokrasi lima tahun kemudian. 

Konsekuensi bila Rusia tak menjadi anggota Dewan Eropa yakni konvensi hak asasi manusia tak akan berlaku untuk negara tersebut. Dengan demikian, warga Rusia tidak akan lagi dapat mengajukan banding ke Pengadilan HAM Eropa terhadap pemerintah mereka. Selain itu, hukuman mati juga dapat diberlakukan di Rusia.  

Rusia menjelaskan keputusannya untuk angkat kaki dari Dewan Eropa dan menuduh negara-negara Barat merusak badan hak asasi manusia. Dewan Eropa telah menangguhkan keanggotaan Rusia pada 25 Februari, sehari setelah menginvasi Ukraina.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut