get app
inews
Aa Read Next : Hasan Basri Sagala Hadiri Guro Guro Aren Pesta Tahun Tiganderket

Eksplorasi Budaya Batak dalam Satu Panggung Empat Warna di Samosir, Penuh Harmoni

Senin, 21 Oktober 2024 | 19:44 WIB
header img
Panggung Empat Warna digelar sebagai upaya melestarikan budaya dan adat istiadat, dalam rangka memperingati HUT Ulos pada 20 Oktober 2024, bertempat di Waterfront City Pangururan, Samosir, Sumatera Utara. Foto: Juita Sinuhaji

SAMOSIR, iNewsMedan.id - Panggung Empat Warna digelar sebagai upaya melestarikan budaya dan adat istiadat, dalam rangka memperingati HUT Ulos pada 20 Oktober 2024, bertempat di Waterfront City Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

Panggung Empat Warna menampilkan keragaman budaya dari empat etnis di sekitar Danau Toba, yakni Batak Toba, Pakpak, Simalungun, dan Karo, yang meliputi wilayah Humbang, Samosir, Pakpak, Dairi, Simalungun, dan Karo.

Acara ini menyajikan kolaborasi tarian yang memadukan adat dan budaya dengan sangat kental, mulai dari tarian, alunan musik tradisional, ulos, uis, drama, hingga miniatur rumah adat Batak Toba, Pakpak, Simalungun, dan Karo.

Thompson HS selaku Dramaturgi Panggung Empat Warna mengatakan, Panggung Empat Warna merupakan kelanjutan dari pertunjukan Cendra Tari Warna Danau yang telah dipentaskan di empat kota, yaitu Balige, Jakarta, Padang, dan Medan pada tahun 2021.

Panggung Empat Warna ini juga berfungsi sebagai promosi bagi empat budaya utama di kawasan Danau Toba, yaitu Simalungun, Pakpak, Toba, dan Karo.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut