get app
inews
Aa Read Next : FORMESTU Nyatakan Dukungan ke Rico Waas di Pilkada Medan

Bertemu Rico Waas, Ini Pesan Riahna Jamin Gintings

Jum'at, 18 Oktober 2024 | 14:57 WIB
header img
Bertemu Rico Waas, Ini Pesan Riahna Jamin Gintings. Foto: Istimewa

MEDAN, iNewsMedan.id - Penantian panjang Rico Waas mencari bukti sejarah perjuangan sang kakek, Letnan Jacob Waas bersama Jenderal Jamin Gintings melawan Belanda, yang diabadikan di dalam buku "Bukit Kadir" terwujud.

Buku yang menceritakan perjalanan sang kakek bersama Pahlawan Nasional, Jamin Gintings berjuang meraih kemerdekaan Republik Indonesia di tanah Sumatera Utara-Aceh akhirnya berhasil didapat. 

Catatan sejarah yang menjadi kebanggaan keluarga itu diterima Rico secara langsung dari putri kedua Jenderal Jamin Gintings, Riahna Jamin Gintings, di Royal Sumatera, Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, pada Rabu (16/10/2024). 

"Saya bahagia. Bagi orang luas mungkin buku ini biasa saja. Tapi bagi saya ini menjadi sebuah hal yang sangat berharga," ucap Rico Waas ketika diwawancarai wartawan usai menerima buku Bukit Kadir. 

Di dalam buku Bukit Kadir dituliskan bahwa Letnan Jacob Waas, salah satu prajurit yang ikut bertempur melawan Belanda bersama Letjen Jamin Gintings, yang masa itu masih menjabat sebagai Komandan Resimen (Kores) Resimen I yang berubah menjadi Resimen 4 dan terakhir Brigade III Devisi X TNI di Berastagi pada 1947.

Letnan Jacob Waas bertugas sebagai asisten sehingga dia selalu berada di sisi Kores Jamin Gintings selama pertempuran di Tanah Karo. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut