get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT ke 79 KAI, Divre I Sumut Gelar Layanan Kesehatan Gratis dengan Rail Clinic

KAI Imbau Pengguna Jalan Lebih Disiplin, 335 Perlintasan Tanpa Palang di Sumut Jadi Ancaman 

Jum'at, 20 September 2024 | 13:31 WIB
header img
KAI Divre I Sumut, bekerja sama dengan Satuan Lalulintas Polrestabes Medan, menggelar sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang sebagai bagian dari peringatan HUT KAI ke-79 dan HUT Korlantas Polri ke-69, Kamis (19/9). (iNewsMedan.id/Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara (KAI Divre I SU) mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan disiplin di perlintasan sebidang. Pasalnya, masih terdapat 335 perlintasan kereta api tanpa palang di wilayah Sumut, yang berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan

“Keselamatan di perlintasan sebidang adalah tanggung jawab bersama. Masih ada pengguna jalan yang kurang disiplin, padahal kecelakaan di perlintasan sebidang dapat berakibat fatal,” ujar Anwar Solikhin, Manager Humas KAI Divre I Sumut dalam keterangannya, Jumat (20/9). 

Sosialisasi terkait keselamatan ini dilakukan KAI Divre I SU bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan dalam rangka memperingati HUT KAI ke-79 dan HUT Korlantas Polri ke-69. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih disiplin berlalu lintas di perlintasan sebidang. 

Menurut Anwar, kegiatan ini juga dilakukan serentak di 13 titik perlintasan di seluruh Daerah Operasi dan Divisi Regional, baik di Jawa maupun Sumatera. J

Anwar menjelaskan, dari total 487 perlintasan yang ada di wilayah PT KAI Divre I Sumut, hanya 117 di antaranya yang dilengkapi dengan palang. Selebihnya, sebanyak 335 perlintasan tidak memiliki palang dan 138 perlintasan dijaga oleh berbagai pihak seperti KAI, Pemda, Dishub, swasta, serta swadaya masyarakat. 

“KAI terus berupaya menutup perlintasan sebidang untuk meningkatkan keselamatan. Tahun 2023 kami menutup 10 titik perlintasan, dan hingga September 2024, sudah 30 perlintasan yang ditutup,” jelas Anwar. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut