get app
inews
Aa Read Next : PT Angkasa Pura Aviasi Sediakan Fasilitas dan Layanan Khusus Selama PON XXI Aceh-Sumut 2024

Pertamina Sumbagut Memastikan Ketersediaan BBM Aman Selama PON Aceh-Sumut 2024

Rabu, 04 September 2024 | 19:00 WIB
header img
Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), memastikan ketersediaan dan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) aman dan mencukupi selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Pastinya, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mendukung pelaksanaan PON dan siap menyukseskan PON ke-21 di Aceh dan Sumut ini," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, di Kota Medan, Rabu (4/9/2024).

Satria mengungkapkan prediksi peningkatan konsumsi BBM selama penyelenggaraan PON ini diperkirakan akan alami peningkatan sekitar 1 persen, dari rata-rata konsumsi harian atau normal.

"Lalu bagaimana Pertamina menghadapi PON terutama untuk BBM. Kami pastikan BBM, baik itu Jenis Bahan Bakar Umum (JBBU) Pertamax series dan Dex Series serta BBM subsidi seperti bio solar dan Pertalite tersedia dan mencukupi pelaksanaan PON," jelas Satria.

Satria menjelaskan lonjakan konsumsi BBM tersebut, tidak terlalu besar seperti Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) atau Natal dan Tahu Baru (Nataru). Namun, ia mengatakan tetap dilakukan penanganan yang baik, dalam ketersediaan BBM untuk mendukung event olahraga empat tahunan ini.

"Lonjakan kami prediksi tidak seperti halnya Nataru dan Rafi, kalau dirata-rata normal, mungkin naik satu persen saja. Itu estimasi dari kami," ungkap Satria.

Satria mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap lalul intas padat selama PON berlangsung. Hal itu dengan cara berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan pasokan BBM di SPBU aman.

"Lalu lintas, kita sudah pemetaan ya. SPBU-SPBU mana, yang nanti berpotensi terjadi lonjakan pengisian BBM. Di Aceh kita support dua modular khusus untuk JBBU untuk mendukung PON," jelas Satria.

Satria menambahkan bahwa Pertamina juga menyiagakan mobil tanki, untuk melakukan pendistribusian apabila terjadi penambahan pasokan BBM di sekitar lokasi penyelenggaraan PON tersebut.

"Mobil tanki kita akan standby, kantong-kantong BBM kita akan dekatkan dengan terminal BBM. Tidak perlu dikhawatirkan, karena komitmen tersedia untuk BBM seluruh jenis," terang Satria.

Selama penyelenggaraan PON 2024, berlangsung 9-20 September 2024. Satria menambahkan Pertamina membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) untuk mendukung event akbar olahraga terbesar di tanah air ini.

"Kita membentuk tim Satgas pelaksanaan PON, sudah kita aktifkan satu minggu kemarin, untuk mendukung pelaksanaan PON di Aceh-Medan," tutup Satria.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut