get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hardiknas 2024, Pj Gubernur Sebut IPM Sumut Terus Meningkat hingga di Atas Angka Nasional

3 Hari Kedepan Hujan Masih Terjadi, BMKG Imbau Warga Agar Waspada

Selasa, 01 Maret 2022 | 12:48 WIB
header img
Ilustrasi hujan (Foto: Jafar).

MEDAN, iNews.id - Dalam tiga hari ke depan menurut perkiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih terjadi di Wilayah Sumatera Utara

Prakirawan Cuaca (Forecaster) BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung mengatakan bahwa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dalam beberapa hari belakangan ini mulai dari 26 Februari hingga 1 Maret 2002 sudah terjadi di Wilayah Sumatera Utara. 

"Jadi cuaca kita saat ini dari seminggu terakhir memang dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Terkadang disertai petir dan angin kencang. Sehingga mengakibatkan banjir, khususnya di Kota Medan, Deliserdang," katanya, Selasa (1/3/2022).

Martha menjelaskan, berdasarkan pola angin gradien menunjukkan adanya gangguan cuaca berupa daerah tekanan rendah (Low) di wilayah Samudera Hindia Barat Aceh mengakibatkan belokan angin dan daerah pertemuan angin (Konvergansi) di wilayah lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara.

"Hal tersebut memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Bila dilihat dari kondisi kelembaban udara pada lapisan 850, 700 dan 500 mb yang bernilai lebih besar dari 80% dan kondisi udara yang cukup labil hal ini mendukung terbentukanya awan-awan hujan yang dapat disertai angin kencang di wilayah Sumatera Utara," jelasnya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut