get app
inews
Aa Text
Read Next : Harmony Cards, Inisiatif YCIST dan Indika Foundation untuk Memahami Keberagaman

Gen-Z Kini Dominasi Pasar Wisata, Perlu Strategi Baru Promosi

Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:02 WIB
header img
Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan saat acara Bimtek Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Digital Kemenparekraf/Baparekraf di Hotel Radisson, Jalan H Adam Malik, Medan, Rabu (14/8).

MEDAN, iNewsMedan.id – Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan mengatakan tren wisata saat ini sudah berubah. Generasi Z (Gen- Z) telah mendominasi sebagai pasar potensial dalam berwisata. 

“Kita harus jeli, karena telah terjadi perubahan pasar wisatawan yang kini didominasi Gen-Z,“ kata Sofyan Tan saat memberikan sambutan dan membuka acara Bimtek Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Digital, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) di Hotel Radisson, Jalan H Adam Malik, Medan, Rabu (14/8). 

Sofyan Tan menyebutkan anak-anak muda yang belum menikah atau bisa dikatakan sebagai bagian dari Gen-Z ternyata tumbuh mendominasi sebagai pelaku wisata. Hal itu bisa dilihat dari destinasi wisata yang ada umumnya dipenuhi anak-anak muda, remaja Gen-Z, bukan lagi didominasi orang tua. 

Perubahan gaya hidup dan pola pandang dalam berekreasi sudah bergeser. Anak muda saat ini lebih memilih menikmati masa mudanya dengan travelling, dan eksploring tempat-tempat eksotik yang menarik perhatian.

“Orang dulu kan berpikirnya hemat pangkal kaya, jadi tunggu kaya dulu baru jalan-jalan. Kalau sekarang nggak, ada uang langsung habiskan utk jalan, travelling, healing. Dan ada juga yang sambil eksploring tempat-tempat wisata baru untuk upload media sosial,” ujar Politisi PDI Perjuangan itu. 

Dengan adanya perubahan pasar wisata tersebut tentu harus ada strategi baru dalam promosi wisata. Salah satunya adalah penguatan promosi pemasaran melalui media digital.

Untuk itulah pentingnya bimtek yang dilakukan Kemenparekraf dalam mengembangkan potensi promosi wisata lebih baik dan lebih punya daya tarik. 

“Jika ingin orang datang  maka dia harus tertarik dulu. Untuk bikin orang tertarik maka harus curi dulu perhatiannya. Itulah tugasnya promosi wisata, mencuri perhatian orang untuk tertarik dan mau berkunjung,” terangnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut