get app
inews
Aa Read Next : Bobocabin Patra Parapat, Glamping Eksklusif di Tepi Danau Toba

Asal Usul Danau Toba Nyaris Buat Peradaban Manusia Punah

Minggu, 04 Agustus 2024 | 15:01 WIB
header img
Asal usul Danau Toba. (Foto: Instagram)

MEDAN, iNewsMedan.id - Artikel ini akan membahas asal usul Danau Toba dengan penjelasan secara ilmiah, bermula dari letusan gunung berapi yang hampir memusnahkan peradaban manusia. 

Danau terbesar di Indoensia dan Asia Tenggara ini memiliki luas 1.265 km persegi dengan panjang 100 km dan lebar 30 km dengan kedalamannya 529 m.

Jika selama ini kisah terbentuknya Danau Toba selalu dikaitkan dengan cerita rakyat petani bernama Toba yang menikah dengan perempuan jelmaan ikan, kali ini akan dibahas dari sisi ilmiahnya. 

Danau Toba menjadi salah satu keajaiban alam di Indonesia yang menakjubkan. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, Danau Toba juga memiliki asal usul yang sangat menarik dalam konteks geologi. Penasaran bagaimana terbentuknya? Ini pembahasannya.

Asal Usul Danau Toba

Dikutip dari Badan Pengelolaan Toba Caldera UNESCO Global Geopark disebutkan soal letusan supervulkan. Letusan yang spektakuler itu disebutkan terjadi sekitar 74.000 atau 77.000 tahun yang lalu.

Letusan gunung berapi yang begitu dahsyat menciptakan kawah raksasa yang kemudian diisi oleh air hujan dan mata air, membentuk Danau Toba yang kita kenal sekarang. Letusan tersebut konon salah satu letusan supervulkan terbesar dalam sejarah bumi.


Asal Usul Danau Toba, Kawah Danau Toba (Foto: Dok Badan Pengelolaan Toba Caldera UNESCO Global Geopark)

Kaldera Toba Bentuk Fosil Letusan Vulkanik

Kaldera Toba merupakan pusat dari Danau Toba atau sisa kawah yang tersisa setelah letusan supervulkan. Kaldera ini memiliki diameter sekitar 100 kilometer dan mengesankan dengan keindahan pemandangan alamnya. Jika pada awalnya kawah besar akibat letusan, seiring berjalannya waktu dan interaksi dengan faktor alam, kawah ini terisi dengan air hingga membentuk danau yang luas.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut