get app
inews
Aa Read Next : Ganda Putra Tenis Meja Sumut Terhenti di Babak Awal, Putri Lanjutkan Perjuangan di 16 Besar PON 2024

Ditlantas Polda Sumut Jamin Kelancaran Arus Lalu Lintas Setiap Kontingen pada PON XXI

Selasa, 30 Juli 2024 | 17:29 WIB
header img
Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut akan menjaga kelancaran arus lalu lintas mulai dari penginapan atlet hingga ke venue atau tempat pertandingan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pihak kepolisian berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan guna memastikan para atlet tidak terlambat kelokasi pertandingan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto, saat memimpin Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Propinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka Ane penataan dan penertiban LLAJ untuk mendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang digelar di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Selasa (30/7/2024).

“Kita akan kawal seluruh atlet dan official yang bertanding mulai dari penginapan hingga ke venue. Jangan sampai ada atlet yang terlambat kemudian tidak menjadi juara. Semua itu akan diantisipasi," jelas Muji Ediyanto.

Muji Ediyanto manambahkan bahwa Ditlantas Polda Sumut bersama Dishub Sumut tengah melaksanakan penataan serta penertiban lalu lintas dan angkutan jalan dalam persiapan PON XXI Sumut-Aceh. Hal itu bertujuan dalam rangka meningkatkan ketertiban perilaku masyarakat saat berlalu lintas di jalan raya.

“Ditlantas Polda Sumut dan Dishub terus melakukan analisa dan evaluasi sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik dan benar. Yang paling utama adalah merubah perilaku pengguna kenderaan agar tertib dalam berlalulintas,” ujar Muji Ediyanto didampingi Kadis Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan.

Tak hanya itu, Muji Ediyanto menegaskan bahwa Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut memastikan selama berlangsungnya PON 2024 tidak ada masyarakat yang ugal-ugalan di jalan raya saat mengendarai kendaraan bermotor sehingga dapat mengganggu tamu-tamu terutama atlet dan official yang datang ke Sumatera Utara.

“Dengan digelarnya rapat koordinasi ini diharapkan pelaksanaan PON 2024 di Sumut berjalan aman. Tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas serta memastikan sarana dan prasarana jalan bisa termanfaatkan dengan baik,” ujar Muji Ediyanto.

"Terkait pengamanan para atlet dan official selama dipenginapan, tim yang dibentuk akan menyesuaikan berapa anggota yang diturunkan untuk pengamanan setiap penginapan," sambung Muji Ediyanto.

Sementara itu, Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, mengatakan bahwa pihaknya bersama Polda Sumut terus mengantisipasi hal-hal yang berpotensi dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas selama berlangsungnya PON 2024.

“Ada 10 wilayah Kabupaten Kota yang menjadi konsentrasi kita, khususnya dari lokasi venue ke hotel, tapi juga memang lokasi lain yang mungkin dikunjungi oleh para pengunjung maupun penonton. Diantaranya Medan, Binjai, Deliserdang, Langkat, Pematangsiantar, Karo, Simalungun, Toba dan Samosir, Tebingtinggi,” ujarnya.

“Tentunya semua aspek yang berpotensi mengganggu lalu lintas mulai dari parkir, penggunaan badan jalan diluar kepentingan lalu lintas, pedagang kaki lima, trotoar dan perilaku pengguna jalan, akan dilakukan penataan,” sambungnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Kadishub dan Kasat Lantas 10 kabupaten/kota tempat berlangsungnya PON XX1 seperti Medan, Deli Serdang, Binjai, Tebing Tinggi, Tanah Karo, Simalungun, Toba, Samosir, Tapanuli Utara dan P.Siantar.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut