get app
inews
Aa Read Next : Asri Ludin Tambunan Janji Bantu Urus KIS, Warga Desa Tengah Sei Mencirim Sambut Hangat

Kenali Tanda Awal Autisme dan ADHD pada Anak

Kamis, 25 Juli 2024 | 19:02 WIB
header img
Autisme dan ADHD, dua kondisi yang seringkali membingungkan, memiliki tanda-tanda awal yang berbeda. (Foto: Lemonade)

Penyebab dan Penanganan
Dalam edukasinya, Steven Guntur turut menjelaskan sejumlah faktor resiko penyebab Autisme dan ADHD. Menurutnya, faktor resiko dimulai ketika calon ibu menjalani proses kehamilan hingga akan melahirkan. Yaitu terpapar zat/racun berbahaya melalui reaksi udara di tempat tinggal pun gaya hidup tidak sehat selama usia kehamilan. Namun, dalam penelitian medis yang dilakukan di Korea Selatan dan China beberapa waktu lalu, Steven menjelaskan, penggunaan obat antibiotik selama kehamilan tidak termasuk faktor resiko calon bayi akan mengidap Autisme pun ADHD. 

"Hindari paparan zat berbahaya dari racun obat serangga atau limbah lingkungan. Penggunaan obat secara kontinyu juga harus dikurangi. Faktor genetik cenderung memperkuat resiko autisme. Karena pola hidup sehat selama kehamilan hingga paska kelahiran harus dipertahankan", tegas Steven Guntur mengingatkan. 

Adapun dalam penanganan Autisme dan ADHD dapat dilakukan hingga anak kembali normal, melalui beberapa tingkatan penyembuhan, yaitu: 

Pada intervensi dini yang telah terbukti efektif untuk anak dengan autisme adalah:

Terapi Perilaku Terapan (Applied Behavior Analysis - ABA), Terapi Bicara dan Bahasa, 
Terapi Okupasi dan intervensi Pendidikan khusus danTerapi Musik dan Seni yang dapat membantu anak dalam mengekspresikan diri.

Pemberian Obat, jika gejala ADHD menyebabkan efek negatif yang nyata terhadap kemampuan akademik dan sosial anak. Obat-obat yang biasa dipakai antara lain seperti Metilfenidat, atomoxetine atau risperidon dan golongan sejenis.Obat dimulai dengan dosis paling rendah yang dinaikkan perlahan-lahan sampai respon optimal.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut