get app
inews
Aa Read Next : Program eMpowering Youths Across ASEAN Angkatan 4 2024 Terus Dorong Perubahan Berkelanjutan di ASEAN

Pemuda dan Mahasiswa Berperan dalam Mencari Pemimpin Muda Berkarakter dan Berkarya

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:54 WIB
header img
Pemuda dan Mahasiswa Berperan dalam Mencari Pemimpin Muda Berkarakter dan Berkarya. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Badko HMI Sumut di bawah kepemimpinan Ketua Umum Ahmad Ridwan Dalimunthe mengadakan kegiatan Dialog Publik dengan tema 'Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Menentukan Pemimpin Muda Berkarakter dan Berkarya'.

Acara yang dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Bona Uli Rajagukguk (DPRD Kabupaten Simalungun), Tegar Sianipar (Sekjen BEM UINSU), Brimob Ritonga (Penggiat Literasi) dan Pangeran Siregar (Sekem Badko HMI Sumut Periode 2021-2023), ini bertujuan untuk mengajak pemuda dan mahasiswa Sumatera Utara untuk turut berperan aktif dalam memilih dan mencari sosok pemimpin muda yang memiliki karakter kuat dan mampu berkarya.

Ridwan Dalimunthe menjelaskan bahwa masyarakat Sumut, terutama kalangan mahasiswa dan pemuda, perlu menyadari peran penting mereka dalam regenerasi kepemimpinan.

"Kaum muda harus aktif dalam mencari sosok pemimpin muda yang memiliki karakter kuat dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah," katanya, Kamis (25/7/2024).

Bona Uli Rajagukguk menegaskan bahwa anak muda seharusnya berani dalam menentukan sikap dan pilihan politiknya. Dia memberikan contoh beberapa pemimpin muda yang telah berhasil memimpin, seperti Gibran yang menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Bobby Nasution yang menjabat sebagai Wali Kota Medan.

Selain itu, Brimob Ritonga mengingatkan agar pemuda, khususnya di Sumut, tidak lagi mengabaikan hak pilihnya dalam momen pergantian kepemimpinan, terutama menjelang Pilkada Sumut.

"Sumut membutuhkan sosok pemimpin baru yang telah membuktikan kemampuannya dalam memimpin suatu daerah," ucapnya.

Tegar Sianipar, sebagai sekretaris jenderal BEM UINSU, menekankan pentingnya sumbangsih pemikiran akademis dari mahasiswa dalam proses regenerasi kepemimpinan di daerah.

Pangeran Siregar, dalam pesannya kepada audiens, menyampaikan agar pemuda tidak bingung dalam memilih sosok pemimpin. 

"Pemimpin yang dibutuhkan pada masa sekarang adalah sosok yang memperhatikan kepentingan pemuda dan mengakomodasi ide-ide mereka," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan awal dari gerakan Badko HMI Sumut dalam meningkatkan kesadaran pemuda tentang pentingnya kehadiran pemimpin muda sebagai harapan masa depan Indonesia, terutama di Sumatera Utara. 

Diharapkan melalui kegiatan ini, pemuda dan mahasiswa dapat terlibat lebih aktif dalam mencari dan memilih pemimpin muda berkarakter dan berkarya untuk membangun daerah dan negara yang lebih baik.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut