get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Shin Tae-yong usai Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia

Pelatih Newcastle Eddie Howie Jadi Kandidat Pelatih Timnas Inggris, Begini Responsnya

Minggu, 21 Juli 2024 | 15:30 WIB
header img
Pelatih Newcastle Eddie Howie Jadi Kandidat Pelatih Timnas Inggris, Begini Responsnya. (Foto: EPA)

NEWCASTLE, iNewsMedan.id - Pelatih Newcastle United Eddie Howe memberikan respons mengejutkan terkait kemungkinannya menjadi pelatih Timnas Inggris menggantikan Gareth Southgate yang mundur.

Pelatih berusia 46 tahun itu menegaskan kesetiannya bersama Newcastle. Dia menjamin akan tetap bertahan di klub Tyneside itu selama dia bahagia dan merasa didukung. 

Southgate yang menukangi Timnas Inggris sejak 2016 mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (16/7/2024) setelah kekalahan kedua berturut-turut di final Euro 2024. Kali ini, mereka kalah 1-2 dari Spanyol.

Spekulasi yang beredar, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mencari pengganti Southgate dari sosok pelatih lokal lain. Eddie Howe dan Pelatih Chelsea Graham Potter menjadi kandidat terdepan. Namun, tak menutup kemungkinan, mereka juga melirik figur lain. 

Merespons spekulasi itu, Eddie Howe mengeluarkan pernyataan mengejutkan. 

“Sungguh, tidak ada pemikiran lain dalam benak saya dan saya sangat berkomitmen dengan pekerjaan di sini (Newcastle),” kata Howe kepada Radio BBC dari kamp pelatihan Newcastle di Jerman, dikutip dari Reuters, Sabtu (20/7/2024).

“Bagi saya, selama saya bahagia dan merasa didukung serta merasa bebas melakukan pekerjaan yang saya sukai di Newcastle, saya akan sangat bahagia – dan saya sangat bahagia.”

"Saya benar-benar merasa terhormat dan istimewa menjadi manajer Newcastle. Saya berharap hal itu bisa bertahan selama bertahun-tahun. Saya bertekad memenangkan trofi untuk klub - itulah yang ada dalam jiwa saya setiap hari."

FA secara terbuka mengiklankan pekerjaan tersebut Jumat (19/7/2024), meminta para kandidat untuk melamar posisi yang kosong tersebut di portal karier di situs web mereka.

Uraian tugas tersebut menjelaskan perlunya seorang pelatih yang dapat memimpin tim untuk "memenangkan turnamen besar" karena tim putra Inggris belum pernah memenangkan trofi besar sejak Piala Dunia 1966.

Pelamar juga harus memiliki pengalaman signifikan di sepak bola Inggris, dengan rekam jejak yang kuat dalam memberikan hasil di Premier League dan/atau memimpin kompetisi internasional.

FA telah menetapkan batas waktu 2 Agustus untuk pendaftaran sebelum UEFA Nations League dimulai pada bulan September mendatang.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut