“Tokopedia sangat membantu kami dalam beradaptasi terutama selama awal pandemi. Sepanjang 2021, peningkatan transaksi Coffeenatics mencapai 350% dibandingkan tahun 2020. Jangkauan kami pun semakin luas bahkan bisa sampai Papua,” ujar Harris.
Harris juga menyampaikan, bahwa Coffeenatics pun rutin mengikuti sederet program yang dibuat oleh Tokopedia. Di antaranya, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), #SatuDalamKopi dan hingga kegiatan offline yang di-online-kan seperti Jakarta Coffee Week 2020.
"Coffeenatics juga turut mendorong tumbuh kembang petani kopi lokal melalui program adopsi ladang yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah, termasuk Aceh, Simalungun, Karo hingga Kintamani di Bali," terangnya.
"Bahkan, Coffeenatics juga turut mendukung pelestarian habitat primata owa hitam atau siamang melalui penjualan kopi ‘Siamang Forest’." tambahnya.
Lebih lanjut, Harris juga berharap kedepannya para petani lokal terus berkembang di negeri sendiri dan juga berani berbisnis agar semakin sejahtera.
Editor : Odi Siregar