get app
inews
Aa Read Next : Penjelasan Rektor USU Soal Gadis Yatim Gagal Kuliah Karena Tak Sanggup Bayar UKT 

Kolaborasi USU, Dinas Koperasi Kota Medan, dan Grab dalam Pemberdayaan UMKM 

Jum'at, 05 Juli 2024 | 18:59 WIB
header img
Universitas Sumatera Utara (USU) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Medan, serta Grab untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id– Universitas Sumatera Utara (USU) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Medan, serta Grab untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. Program ini ditujukan untuk mendukung dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. 

Dalam pelaksanaan program ini, tim pengabdian USU yang dipimpin oleh Dr. M. Arifin Nasution, S.Sos., M.SP, bersama anggota tim Nana Dyki Dirbawanto, SE, MBA, dan Franklin Asido Rossevelt, S.AP., M.K.P., mengangkat tema “Penerapan Manajemen Strategi dalam Upaya Optimalisasi Pendapatan Kelompok Binaan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Medan.” Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada 3-4 Juli 2024. 

Dr. M. Arifin Nasution menyampaikan bahwa pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas nasional karena potensinya dalam menghadapi krisis ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi nasional. “UMKM perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan inovasi agar mampu bertahan dan berkembang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/7). 

Dalam program ini, para pelaku UMKM mendapat pelatihan perumusan manajemen strategi untuk mengelola usaha secara lebih efisien dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, pelatihan digital marketing juga diberikan untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk secara lebih luas. 

Kerjasama dengan Grab Medan memungkinkan para peserta untuk mendaftarkan produk mereka ke aplikasi Grab, memberikan pengalaman langsung dalam penjualan digital. Tim pengabdian USU juga menyerahkan bantuan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produksi mereka. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut