get app
inews
Aa Read Next : Keunikan Desa Tersembunyi di Ujung Kulon, Ada Pemandangan Sungai Mirip Amazon

Penampakan Ikan Lord Sauron di Sungai Amazon, Disebut Mirip Piranha

Selasa, 25 Juni 2024 | 12:00 WIB
header img
Penampakan Ikan Lord Sauron di Sungai Amazon, Disebut Mirip Piranha. (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat spesies baru ikan mirip piranha ditemukan di Sungai Amazon. Ikan ini berhasil menyamar sebagai spesies lain yang hampir identik selama hampir 200 tahun.

Para ilmuwan menamai spesies ikan mirip piranha ini bernama lord Sauron. Namun, ikan ini tidak seseram yang disiratkan julukannya. 

Spesies yang baru diidentifikasi, Myloplus sauron adalah kerabat dekat piranha. Para peneliti menemukan sauron saat mempelajari spesies yang hampir identik dengan M. schomburgkii, yang pertama kali ditemukan di Amazon pada 1841. 

Dalam studi baru, yang diterbitkan pada 10 Juni di jurnal Neotropical Ichthyology, para ilmuwan melakukan analisis genetik terhadap populasi M. schomburgkii, yang mengungkapkan populasi tersebut sebenarnya terdiri atas tiga spesies berbeda yakni M. schomburgkii, M. sauron, dan M. aylans. 

Setelah mengamati ikan tersebut dengan cermat, para peneliti juga memperhatikan perbedaan fisiologis yang hampir tidak terlihat antara ketiga spesies tersebut, termasuk jumlah tulang belakang dan sirip punggung, serta bentuk sirip dubur pada ikan betina.

M. sauron, yang dideskripsikan bersama M.aylans dalam studi baru, diberi nama berdasarkan pita hitam di sisinya. Garis ini, yang juga terdapat pada M. schomburgkii dan M. aylans, memiliki kemiripan yang mencolok dengan "Mata Sauron" — mata api raksasa yang dikendalikan oleh penjahat tituler.

“Polanya sangat mirip dengan Mata Sauron, terutama dengan bercak oranye di tubuhnya. Saat salah satu kolega saya menemukan nama untuk ikan ini, kami tahu nama itu cocok untuknya," kata rekan penulis studi Rupert Collins, kurator senior ikan di Natural History Museum di London.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut