get app
inews
Aa Read Next : Berkah Idul Adha, PT Mirabilis Tunggal Tualang Berkurban Seekor Sapi di Kampung Lama Besitang

Deretan 6 Sapi Termahal di Indonesia, Nomor 1 Rp100 Juta per Ekor

Senin, 17 Juni 2024 | 12:00 WIB
header img
Deretan 6 Sapi Termahal di Indonesia, Nomor 1 Rp100 Juta per Ekor. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan sapi termahal di Indonesia pada tahun 2024 ini perlu diketahui. Mengingat, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin (17/6/2024), ini akan dirayakan dengan pemotongan hewan kurban

Sapi Termahal di Indonesia

1. Sapi Simental

Jenis sapi simental berasal dan dikembangkan dari Swiss. Adapun, jenisnya terbagi menjadi dua, yakni sapi potong dan sapi perah. 

Biasanya, berat sapi simental ini bisa mencapai 700-800 kg saat dewasa. Harga jenis sapi dengan rata-rata berat 1 ton ditaksir mencapai Rp100 juta per ekornya. 

2. Sapi Madura

Sapi termahal di Indonesia 2024 selanjutnya adalah sapi Madura. Sapi ini biasanya memiliki bobot rata-rata mencapai 500 kg. 

Meskipun lokal, sapi ini banyak diminati karena memiliki daging yang tebal, tulang yang kecil, dan rendah lemak. Menariknya, harga sapi madura dengan rata-rata berat 500 kg ditaksir mencapai Rp22 juta per ekornya. 

3. Sapi Ongole

Sapi ongole berasal dari India dan memiliki ciri fisik berwarna putih dengan gelambir di sekitar lehernya. Berat sapi ongole rata-rata bisa mencapai 800 kg, harganya pun dibanderol hingga Rp60 juta per ekornya. 

4. Sapi Brahman

Sapi brahman merupakan sapi termahal di Indonesia 2024 yang berasal dari India yang dikembangkan di Amerika. Sapi brahman jantan memiliki berat hingga 1,1 ton. Adapun untuk berat rata-rata 350-580 kg, harganya berkisar Rp25-37 juta per ekornya. 

5. Sapi Limosin

Jenis sapi biasanya menjasi pilihan favorit artis dan juga pejabat. Bagaimana tidak, sapi limosin memiliki massa otot yang lebiu banyak dengan kulit halus, serta kerangka tulang yang kuat.

Sapi betina jenis ini rata-rata memiliki berat hingga 650 kg. Sementara itu, sapi limosin jantan beratnya bisa mencapai 1 ton. Sedangkan harganya ditaksir dari Rp22 juta per ekor untuk ukuran 300-350 kg hingga Rp100 juta per ekor untuk berat 1 ton.   

6. Sapi Bali

Terakhir ada jenis sapi Bali. Hewan ini memiliki daging yang tebal dengan kandungan lemak yang rendah. Rata-rata beratnya mencapai 500 kg dengan harga bervariasi, yakni sekitar Rp17-27 juta per ekor untuk bobot kurang dari 300 kg. 

Nah, kira-kira kamu suka sapi termahal di Indonesia 2024 yang mana nih? Selamat Lebaran ya!

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut