get app
inews
Aa Read Next : Komisi Kejaksaan Kirim Tim untuk Kawal Kasasi Vonis Bebas Ronald Tannur

Komisi Kejaksaan RI: Sumatera Utara Peringkat Pertama dalam Pengaduan Perilaku Jaksa

Senin, 27 Mei 2024 | 21:24 WIB
header img
Sosialisasi Komisi Kejaksaan RI kepada Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sumatera Utara tentang Tugas dan Wewenang Komisi Kejaksaan di Medan, Senin (27/5). (iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id- Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Prof. Pujiyono Suwadi, mengungkapkan bahwa Sumatera Utara menjadi daerah dengan jumlah pengaduan jaksa terbanyak pada triwulan pertama tahun 2024. 

Pernyataan ini disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Komisi Kejaksaan RI kepada Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sumatera Utara tentang Tugas dan Wewenang Komisi Kejaksaan di Medan, Senin (27/5).

Berdasarkan data Komisi Kejaksaan RI, pada triwulan 1 tahun 2024 (Januari-Maret 2024), Sumatera Utara menempati peringkat pertama dengan 26 laporan, diikuti oleh Jawa Timur dengan 20 laporan, dan DKI Jakarta dengan 19 laporan. 

Prof. Pujiyono menjelaskan bahwa pengawasan terhadap jaksa tidak hanya dilakukan oleh Jamwas dan atasan langsung masing-masing di Kejaksaan Agung, tetapi juga oleh Komisi Kejaksaan yang berfungsi sebagai satuan pengawas eksternal. 

"Komisi Kejaksaan menggabungkan fungsi Jaksa Agung Muda Pengawasan dan atasan langsung dalam satu komisi," jelasnya. 

Menurutnya, tugas Komisi Kejaksaan tidak hanya mengawasi perilaku jaksa dari segi profesionalisme, tetapi juga aspek moral dan etika.

"Perilaku jaksa yang tidak hanya terkait dengan suap atau pemerasan, tetapi juga yang main perempuan atau sering bertemu dengan orang yang memiliki kasus, ini juga kami awasi," tegasnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut