get app
inews
Aa Read Next : Edy Rahmayadi Ambil Formulir Bacagub Sumut, Bobby Nasution Jalani UKK di DPP PKB: Tak Ada Jalur VVIP

Diarak Reog Ponorogo, Kader Pujakesuma Adi Saputra Resmi Daftar Cawagub Sumut ke Gerindra

Jum'at, 17 Mei 2024 | 14:17 WIB
header img
Diarak Reog Ponorogo, Kader Pujakesuma Adi Saputra Resmi Daftar Cawagub Sumut ke Gerindra. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) kembali mendatangi kantor partai politik di Sumut untuk mendaftarkan kadernya, H Adi Saputra, maju sebagai Calon Wakil Gubernur di Pilkada 2024. Kali ini tujuannya Partai Gerindra.

Untuk pendaftaran kali ini, H Adi Saputra yang hadir bersama keluarga besar Pujakesuma, diarak menggunakan tarian tradisional Reog Ponorogo dan Kuda Lumping dan Sisingaan, khas Jawa. Rombongan berjalan kaki dari Taman Beringin menuju Kantor DPD Partai Gerindra Sumut di Jalan Sudirman Nomor 36 Medan, Jumat (17/5/2024).

Memasuki halaman Kantor DPD Partai Gerindra Sumut, H Adi Saputra digotong menggunakan Sisingaan Reog menuju pintu masuk gedung. Sejumlah pengurus partai pimpinan H Prabowo Subianto itu menyambut kedatangan rombongan.

Adi Saputra yang juga Ketua DPP Pujakesuma Bidang Pemuda dan Olahraga, bersama Sekjen DPP Pujakesuma Juriadi langsung menyerahkan berkas pendaftaran Calon Wakil Gubernur kepada tim penjaringan yang diterima oleh Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumut, Zulfan.

Usai penyerahan dan pemeriksaan kelengkapan berkas pendaftaran Calon Wakil Gubernur (Cawagub), Adi Saputra menyampaikan bahwa kedatangan mereka atas nama Keluarga Besar Paguyuban Pujakesuma. Langkah ini menjadi harapan bersama agar organisasi kesukuan ini bisa mendudukkan kadernya sebagai pimpinan di Sumatera Utara.

"Terimakasih kami sudah diterima dengan baik di sini. Kami berharap Partai Gerindra bisa menerima pencalonan ini dan memberikan rekomendasi agar bisa dicalonkan sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara," sebut Adi Saputra.

Sebelumnya kata Adi, pihaknya juga sudah mendaftar ke beberapa parpol seperti Golkar, Demokrat, PAN, PKB dan Hanura. Dan untuk Partai Gerindra sendiri, Pujakesuma merupakan paguyuban yang memberikan dukungan penuh kepada pencalonan Pranowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres lalu.

Sementara Sekjen DPP Pujakesuma, Juariadi menjelaskan bahwa kedatangan rombongan merupakan restu dari Ketua Umum Pujakesuma, Eko Sopianto, sebagaimana pendaftaran Calon Wakil Gubernur ke sejumlah parpol sebelumnya. Dan pilihan sebagai calon orang nomor dua di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, merupakan hal yang realistis.

"Kami memegang prinsip, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Maka kami berpikir realistis, mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara. Begitu juga di Pilkada kabupaten/kota," sebut Juriadi.

Sebagai paguyuban besar warga suku Jawa kata Juriadi, Pujakesuma juga punya peran dalam memenangkan pasangan calon Presiden-Wakil Presiden, Prabowo-Gibran di Pilpres lalu. Dari Provinsi Aceh hingga Lampung, dimana Pujakesuma berdiri. Karenanya mereka berharap Ketua Umum Partai Gerindra, bisa menunjuk Adi Saputra sebagai Cawagub Sumut di Pilgub 2024 ini.

Menerima rombongan Pujakesuma, Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumut, Zulfan menyebutkan bahwa berkas pendaftaran Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Adi Saputra telah lengkap, sebagaimana syarat yang diberikan partai. Selanjutnya rekomendasi akan disampaikan kepada pimpinan pusat.

"Kita sudah menerima pendaftaran dari Pujakesuma, atas nama Adi Saputra sebagai Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara. Selanjutnya kita akan kirim berkas ini ke pimpinan pusat, untuk diputuskan nanti oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Bapak H Prabowo Subianto," sebutnya.

Zulfan juga mengakui bahwa Pujakesuma ikut berperan dalam memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 lalu. Karena itu, pertimbangan partai akan mereka serahkan, sebelum Partai Gerindra menetapkan siapa Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara di Pilgub tahun ini.

Usai pendaftaran, puluhan rombongan pun mendokumentasikan kehadiran mereka di depan gedung Kantor DPD Partai Gerindra Sumut, bersama dengan group Reog Ponorogo. (*)

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut