get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumut Tangkap Komplotan Maling Sawit, 2 Pelaku Ditembak

Bid Labfor Polda Sumut Pastikan Ledakan di Glugur Darat I Murni dari Kebocoran Tabung Gas Elpiji

Kamis, 16 Mei 2024 | 17:15 WIB
header img
Bid Labfor Polda Sumut Pastikan Ledakan di Glugur Darat I Murni dari Kebocoran Tabung Gas Elpiji. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pasca ledakan yang terjadi disalah satu rumah di Jalan Pendidikan Komplek Liberty, Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, tim Bid Labfor Polda Sumut melakukan uji udara dan gelembung di lokasi kejadian, Kamis (16/5/2024). Dalam pengujiannya, tim labfor tidak menemukan adanya bahan peledak atau bom.

Kasubdit Fiskom Bid Labfor Polda Sumut AKBP Roy Siburian mengatakan bahwa pada saat tim melakukan penyisiran, pihaknya melakukan penyisiran mulai dari ruangan dan mengidentifikasi puing puing bangunan serta mengecek dinding yang rusak atas ledakan tersebut.

"Melihat dari kerusakan, ini murni ledakan gas bukan ledakan bom," katanya. 

Roy Siburian juga menjelaskan pada saat ledakan itu terjadi, dari pengujian bahwa gas sudah bersebaran di ruangan yang menyebabkan terjadinya ledakan yang kuat. 

"Sedangkan hasil yang temukan juga, tim labfor melihat pusat ledakan itu berasal dari dua tabung gas berukuran 12 kilogram dan terjadi kebocoran pada regulator gas," jelasnya. 

Sebelumnya, sebuah video yang merekam momen ledakan hebat di perumahan elit di Kota Medan menjadi viral di media sosial. Kejadian tragis tersebut terjadi Rabu (15/5/2024) sekitar pukul 06.50 WIB di Jalan Pendidikan Komplek Liberty, Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pengendara sepeda motor sedang melintas di depan salah satu rumah elit di komplek tersebut. Tiba-tiba, rumah tersebut meledak dengan hebat, menghancurkan bangunan sekitarnya. Dua orang mengalami luka bakar akibat ledakan tersebut.

Akibat ledakan tersebut, sebanyak lima rumah mengalami dampak, di mana satu rumah mengalami kerusakan sekitar 80%, sementara empat rumah lainnya mengalami retakan dinding, runtuhnya asbes, kerusakan atap, dan perabotan dapur rusak. Beberapa kendaraan seperti mobil dan sepeda motor juga mengalami kerusakan serius akibat reruntuhan bangunan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut