get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong: Semua Pemain yang Memiliki Darah Indonesia Punya Kesempatan Membela Timnas

Pengamat Sepak Bola Bung Towel Sebut Shin Tae-yong Bisa Bawa Indonesia Kalahkan Guinea

Rabu, 08 Mei 2024 | 09:00 WIB
header img
Pengamat Sepak Bola Bung Towel Sebut Shin Tae-yong Bisa Bawa Indonesia Kalahkan Guinea. (Foto: Instagram/@bungtowel8)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Pengamat sepak bola, Tommy Welly, menyebut Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Guinea di babak playoff Olimpiade Paris 2024.

Berstatus sebagai debutan, Timnas Indonesia U-23 sukses membuat kejutan dengan melaju sampai perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, mereka harus kalah di babak tersebut usai digasak Irak dengan skor 1-2. Alhasil, Skuad Garuda Muda tidak dapat tiket otomatis Olimpiade Paris 2024.

Namun begitu, bukan berarti asa untuk bermain di ajang tersebut harus sirna. Timnas Indonesia U-23 bisa meraih tiket terakhir Olimpiade itu andai mampu bungkam Guinea di babak play-off yang akan berlangsung di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (79/5/2024) malam WIB.

Bung Towel mengakui bahwa Guinea bukan lawan yang mudah. Sebab, banyak pemain mereka yang bermain di Eropa. 

“Guinea kalau lihat individu pemainnya main di Eropa kan kita lihat secara prediksi bolanya tidak akan mudah,” kata Bung Towel dilansir dari Inews TV dalam program Rakyat Bersuara, Selasa (7/5/2024).

“Apalagi ini main di Prancis yang menurut mereka (Guinea) lebih akrab main disana ketimbang Timnas Indonesia U-23,” sambungnya.

Namun begitu, bukan berarti Timnas Indonesia U-23 tidak bisa meraih kemenangan atas Guinea U-23. Kata Bung Towel, Skuad Garuda Muda yang bisa dibilang merupakan tim underdog bisa saja menang andai Marselino Ferdinan bisa menjaga mentalitasnya.

“Tapi apakah secara tim ada sesuatu yang bisa berubah pada satu pertandingan playoff? bisa saja. Itukan terbuka (kemungkinan untuk menang),” ujarnya.

“Setiap underdog punya harinya, katakanlah kita (Timnas Indonesia U-23) dari Piala Asia U-23 itukan underdog. Kalau mentalitas kita tetap dijaga maka itu sebetulnya jadi senjata untuk lawan Guinea,” tutur Bung Towel.

Menghadapi Guinea, Timnas Indonesia U-23 terancam tidak dalam kekuatan terbaiknya. Rizky Ridho harus absen karena masih diskors usai mendapat kartu merah lawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. Kemudian, Justin Hubner juga sudah kembali ke klubnya yakni Cerezo Osaka setelah laga kontra Irak.

Namun begitu, PSSI tengah berupaya agar Timnas Indonesia U-23 bisa tampil kekuatan terbaiknya melawan Guinea U-23. PSSI sudah bersurat ke Cerezo Osaka untuk melepas Justin Hubner. Kemudian juga meminta izin ke Ipswich Town untuk mau melepas Elkan Baggott.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 kedatangan satu amunisi baru untuk menambal lini pertahanan. Sosok yang dimaksud adalah Alfeandra Dewangga yang diketahui telah bergabung bersama Skuad Garuda Muda untuk mematangkan persiapan melawan Guinea.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut