get app
inews
Aa Read Next : Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024 Cabang Panjat Tebing, Berikut Profil Veddriq Leonardo

Ranking Olimpiade Paris 2024: Gregoria Naik Satu Tingkat

Selasa, 13 Agustus 2024 | 15:45 WIB
header img
Pemain bulutangkis putri Indonesia, Georgia. (Foto: istimewa)

iNews.id - Daftar ranking dunia pada Olimpiade Paris 2024 telah resmi di rilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Selasa (13/8/2024).

Pada kategori bulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, yang meraih medali perunggu naik satu tingkat dalam daftar ranking.

Jorji – sapaan Gregoria – menjadi satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang meraih medali di multiajang dunia tersebut. Tunggal putri berusia 25 tahun itu gagal ke final setelah kalah dari An Se Young asal Korea Selatan di semifinal. 

Namun, tunangan Mikha Angelo itu akhirnya berhak mendapatkan medali perunggu. Kepastian itu didapat setelah laga semifinal tunggal putri lainnya tidak berakhir baik. Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin mundur karena mengalami cedera saat menghadapi He Bing Jiao asal China. Alhasil, perebutan peringkat ketiga urung dimainkan. 

Medali perunggu Olimpiade Paris 2024 itu membuat ranking BWF Jorji naik satu tingkat ke posisi ketujuh dunia dengan koleksi 77,662 poin. Pemain kelahiran Wonogiri itu perlahan merapatkan barisan menuju lima besar. Sementara, peringkat satu dunia masih dihuni oleh An Se Young dengan torehan 115,917 poin.

Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia menurunkan enam wakilnya di cabor bulu tangkis. Selain Gregoria, ada Jonatan Christie, Anthony Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Namun, hanya Gregoria saja yang berhasil menembus semifinal. 

Dua tunggal putra Indonesia, Ginting dan Jonatan terhenti langkahnya di fase grup Olimpiade Paris 2024. Terpantau, mereka tidak mengalami perubahan posisi dalam daftar ranking dunia. Jonatan masih tetap berada di urutan lima dengan 83,797 poin, sedangkan Ginting posisi sembilan dunia 70,485 poin.

Kemudian ganda putra Indonesia, Fajar/Rian terhenti di babak perempat final Olimpiade Paris 2024. Pasangan berjuluk Fajri ini juga terpantau tidak mengalami perubahan pada daftar ranking dunia. Mereka masih duduk di peringkat enam dengan 80,577 poin.

Lalu Apriyani/Fadia juga tetap menempati peringkat delapan dunia pada daftar ranking dunia sektor ganda putri. Duet andalan Pelatnas PBSI ini terhenti di babak penyisihan grup Olimpiade Paris 2024.

Nasib yang sama juga didapat ganda campuran Indonesia, Rinov/Pitha, yang terhenti di babak penyisihan grup. Terpantau, mereka juga tidak mengalami perubahan dan masih tetap berada di posisi 14 dunia dengan koleksi 56,130 poin.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut