get app
inews
Aa Read Next : Polres Simalungun Gerebek Lokasi yang Disinyalir Jadi Sarang Narkoba di Nagori Karang Bangun

Jaringan Narkoba di Simalungun Ditangkap Polsek Perdagangan, Begini Kronologinya

Jum'at, 19 April 2024 | 09:00 WIB
header img
Jaringan Narkoba di Simalungun Ditangkap Polsek Perdagangan, Begini Kronologinya. (Foto: Istimewa)

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Polsek Perdagangan menangkap jaringan narkoba di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), pada Selasa (16/4/2024). Ketiga pelaku berinisial DR (35), W (37), dan RS (29).

"Kami berhasil mengamankan tiga orang pria dewasa yang tertangkap tangan sedang memiliki, menguasai, menyimpan, mengedarkan, diduga narkotika golongan I bukan tanaman, jenis sabu-sabu, di sebuah rumah di kawasan Nagori Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun," ujar Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, melalui Kapolsek Perdagangan, AKP Juliapan Panjaitan, Kamis (18/4/2024).

Juliapan Panjaitan mengatakan bahwa kronologi penangkapan ini bermula dari informasi yang diterima oleh personel Polsek Perdagangan dari masyarakat soal adanya dugaan transaksi narkotika yang dilakukan oleh DR, yang diduga sebagai bandar utama. Atas hal itu, jajaran Polres Simalungun ini langsung melakukan penyelidikan dan penggerebekan.

"Di dalam rumah tersebut, personel Polsek Perdagangan bersama Gamot setempat  menemukan berbagai jenis narkotika, termasuk sabu-sabu seberat 10,89 gram dan ganja kering seberat 2,18 gram. Selain itu, berbagai barang bukti lain seperti uang tunai dan handphone juga diamankan," ungkap Juliapan Panjaitan.

Juliapan Panjaitan menegaskan penangkapan ketiga pelaku itu lantaran diduga kuat terlibat dalam jaringan penyalahgunaan narkotika di lokasi tersebut.

"DR diduga sebagai bandar dan penyedia barang, sementara W sering menggunakan narkotika di rumah tersebut. Kemudian, RS yang diduga melayani pembeli dan mengantar barang ke mereka, dengan keuntungan yang memungkinkannya menggunakan narkotika secara gratis," terang Juliapan Panjaitan.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP Irvan Rinaldy Pane, mengatakan kegiatan penggerebekan ini tidak hanya menunjukkan komitmen Polres Simalungun dalam memerangi narkoba. Tetapi, juga menegaskan bahwa penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu prioritas utama yang harus diberantas.

"Melalui penangkapan ini, diharapkan akan ada pengurangan peredaran narkotika di wilayah tersebut dan memberikan efek jera kepada pelaku lainnya," jelas Irvan Rinaldy Pane.

Tak hanya berhasil menangkap tiga tersangka, ujar Irvan Rinaldy Pane, penggerebekan ini juga menjadi momen penting bagi Polres Simalungun untuk kembali menegaskan komitmen mereka terhadap pemberantasan narkoba.

"Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama dengan kepolisian dalam mengidentifikasi dan melaporkan aktivitas mencurigakan di lingkungan mereka," terang Irvan Rinaldy Pane.

Ditegaskan Irvan Rinaldy Pane, peredaran narkotika bukan hanya merusak individu yang terlibat langsung, tetapi juga keluarga dan masyarakat sekitar. "Kami memerlukan dukungan penuh Anda untuk memberantas jaringan-jaringan narkoba ini," ungkap Irvan Rinaldy Pane.

Tak hanya itu, Irvan Rinaldy Pane juga mengingatkan tentang dampak buruk narkoba terhadap kesehatan dan masa depan generasi muda.

"Mari kita lindungi anak-anak dan pemuda kita dari pengaruh buruk narkotika. Kita harus proaktif dalam surveilans lingkungan dan mendidik anak-anak tentang bahaya narkoba," tambah Irvan Rinaldy Pane.

Lebih lanjut, Irvan Rinaldy Pane menegaskan bahwa Polres Simalungun akan terus meningkatkan kegiatan patroli dan operasi penindakan guna mempersempit ruang gerak para pelaku penyalahgunaan narkoba.

"Segala bentuk informasi dari masyarakat akan ditangani dengan penuh kerahasiaan dan profesionalisme oleh pihak kepolisian," ujar Irvan Rinaldy Pane.

"Dengan seruan ini, Polres Simalungun berharap semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk turut serta dalam upaya preventif dan represif yang dilakukan kepolisian dalam memerangi peredaran narkotika di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya," pungkas Irvan Rinaldy Pane.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut