get app
inews
Aa Read Next : Earth Day 2024, Masyarakat Pantai Barat Sumut Gaungkan Perlawanan Terhadap Plastik

Earth Day 2024, Bank Sampah Yamantab Gelar Aksi Bersih hingga Penandatangan Komitmen Jaga Bumi

Sabtu, 13 April 2024 | 20:40 WIB
header img
Earth Day 2024, Bank Sampah Yamantab Gelar Aksi Bersih hingga Penandatangan Komitmen Jaga Bumi. (Foto: Istimewa)

TAPTENG, iNewsMedan.id - Bank Sampah Yamantab (BSY) menggelar rangkaian kegiatan positif menjelang Hari Bumi atau Earth Day pada 22 April 2024 mendatang. Di antaranya, sayembara foto dan video, aksi bersih, dan penandatangan komitmen jaga bumi.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur BSY, Damai Mendrofa, di Kantor BSY, Jalan Faisal Tanjung, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (13/4/2024).

Damai Mendrofa menjelaskan bahwa Hari Bumi 2024 mengangkat tematik penting soal eksistensi plastik yang semakin mengancam ekosistem kehidupan, yakni "Planet vs Plastik". Hal itu mengingatkan semakin gencarnya upaya dan gerakan yang dilakukan untuk 'melawan' plastik.

"BSY mengangkat tema "Pantai Barat Sumut Melawan Plastik". Tema ini bisa dikembangkan oleh para peserta sayembara dengan beragam konten video dan foto," jelas Damai Mendrofa.

Damai Mendrofa menyebut, peserta dapat mengunggah syarat dan ketentuan yang telah dibuat panitia. Yakni melalui link google drive: https://docs.google.com/document/d/1TAm73aPQf67fEAbOuFATWoTy5QW5OceP/edit?usp=sharing&ouid=112071198330633601118&rtpof=true&sd=true.

"Silahkan diikuti panduan syarat dan ketentuan, berekspresilah, raih hadiahnya dan mari sampaikan pesan pesan hebat dan kuat tentang Pantai Barat Sumatera Utara dalam 'kacamata' melindungi bumi, dan tentu sesuai tema yakni ''melawan plastik', walau kata melawan bagi kami tidak secara harfiah ya, tapi lebih kepada upaya mengendalikan konsumsi dan penggunaan plastik," ujar Damai Mendrofa.

Dijelaskannya, periode pengiriman bahan sayembara sudah dibuka sejak 10 April dan akan ditutup 19 April mendatang. Sayembara akan dinilai para dewan juri dan diumumkan pada 20 April.

"Penjurian akan berlangsung netral dan tanpa intervensi, ada juga dewan juri kehormatan, yakni Pj Bupati Tapteng, pak Sugeng Riyanta dan perwakilan PT Agincourt Resources, yakni kak Reni Nugrahika. Dewan juri lain ada dari Pewarta Foto Indonesia Medan dan senior jurnalis di Medan maupun di Sibolga," jelas Damai Mendrofa.

Selain sayembara, sambung Damai Mendrofa, Earth Day yang didukung oleh PT Agincourt Resources, Pemkab Tapteng, PLN Nusantara Power ini akan menggelar puncak acara pada 22 April 2024 mendatang.

"Dan, untuk menjadi peserta pada puncak earth day, lanjut Damai, dapat mengisi formulir pendaftaran peserta di link google form: https://forms.gle/4F3dRh3d5aijHSW5A," ungkap Damai Mendrofa.

Damai Mendrofa menambahkan bahwa puncak Earth Day akan dipusatkan di Pantai Indah Pandan.

"Kegiatan ini akan diisi rangkaian acara, misalnya clean up terfokus dan terkelola, pemberian hadiah sayembara, penandatanganan komitmen Jaga Bumi dan ada juga stand mini yang menampilkan sejumlah produk kerajinan dan daur ulang dari sampah," sambung Damai Mendrofa.

Lebih lanjut, Damai Mendrofa mengatakan bahwa kegiatan ini akan didukung sejumlah relawan-relawan muda dari beberapa komunitas. Di antaranya, Yamantab, Eco Ranger yang diisi anak anak SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Sibolga-Tapteng, Saka Bhayangkara, dan relawan dari Poriaha Coffee.

"Lalu relawan relawan individu lainnya. Kita mendorong anak anak muda agar lebih dekat dengan isu isu lingkungan, dengan upaya dan gerakan menjaga bumi agar kembali pulih, terutama dari kawasan Pantai Barat Sumatera Utara," tutup Damai Mendrofa.

Sebagai informasi, Hari Bumi atau Earth Day diperingati tanggal 22 April setiap tahunnya. Hal ini pertama kali diperingati pada 22 April 1970 di Amerika Serikat.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut