get app
inews
Aa Read Next : Daftar 10 Olahraga Turunkan Berat Badan, Ada Jalan Cepat hingga Hiking

Apa itu Metaverse? Ini Penjelasannya!

Selasa, 15 Februari 2022 | 11:23 WIB
header img
Dunia maya baru alias metaverse.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Dewasa ini, Metaverse hampir menjadi pembicaraan seluruh kalangan di dunia. Tapi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Metaverse dan seperti apa perkembangannya? 

Istilah Metaverse awalnya muncul dari novel fiksi ilmiah tahun 1992 berjudul Snow Crash. 'Meta' berarti 'melampaui', sementara 'verse' dapat diartikan sebagai semesta. Secara definitif, Metaverse adalah sebuah konsep dunia kedua berbasis teknologi virtual yang memungkinkan bersatunya dunia fisik dan digital dalam satu wadah.

Metaverse dalam arti yang lebih luas mungkin tidak hanya merujuk pada lingkungan virtual yang dioperasikan oleh perusahaan media sosial. Namun, Metaverse akan menjadi representasi digital bagi seseorang atau 'avatar' untuk bekerja, bermain, bertransaksi, bahkan melakukan segala aktivitas fisik secara virtual di ruang 3 dimensi menggunakan perangkat lunak dan keras komputer. 

Apa yang Dimaksud dengan Metaverse dan Perkembangannya di Masa Depan 

Metaverse merupakan perkembangan dunia digital yang ada saat ini. Dengan metaverse, keberadaan semesta virtual akan disejajarkan dengan semesta realitas saat ini melalui teknologi jejaring sosial. 

Singkatnya, Metaverse adalah ruang virtual yang dapat diciptakan dan dijelajahi dengan pengguna lain tanpa harus bertemu secara fisik di ruang yang sama.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut