get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumut Musnahkan 38,53 Kg Sabu hingga 193 Butir Ekstasi

Ops Ketupat Toba 2024, Pilot hingga Awak Maskapai Jalani Tes Urine di Bandara KNIA Deliserdang

Selasa, 09 April 2024 | 17:00 WIB
header img
Ops Ketupat Toba 2024, Pilot hingga Awak Maskapai Jalani Tes Urine di Bandara KNIA Deliserdang. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Polda Sumut melakukan tes urine kepada pilot dan awak maskapai udara di Kualanamu Internasional Airport atau Bandara KNIA dalam Operasi Ketupat Toba 2024. 19 orang yang ikut menjalani tes dinyatakan negatif atau bebas dari pengaruh narkoba.

"Pemeriksaan urine tidak hanya moda transportasi Darat, tapi juga dilakukan terhadap awak dan kru moda transportasi udara," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, di Kota Medan, Selasa (9/4/2024).

Dijelaskan Hadi, pemeriksaan tes urine terhadap 19 awak angkutan udara terdiri dari pilot, co-pilot, pramugari dan awak pesawat dilakukan pada Senin (8/4/2024).

Di antaranya, maskapai penerbangan Air Asia enam orang, yaitu 1 pilot, 1 co-pilot,  3 pramugari, 1 awak kabin. Kemudian, maskapai  penerbangan Garuda 7 orang, yaitu 1 pilot, 1 co-pilot , 4 pramugari, dan 1 awak kabin. Lalu, maskapai penerbangan Citilink 6 orang,  yaitu 1 pilot, 2 co pilot, dan 4 pramugari.

"Tes urine ini dilakukan secara berkala kepada awak angkatan udara, laut maupun darat dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2024," jelasnya.

Lebih lanjut, Hadi berharap seluruh awak dan kru harus dalam kondisi bugar dan tidak terpengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang. Sebab, hal itu memilik risiko sangat berbahaya bagi keselamatan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut