get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

Sakit hanya 2 Kali Seumur Hidup, Begini Rahasia Kesehatan Nabi Muhammad SAW

Senin, 01 April 2024 | 13:55 WIB
header img
Puasa Senin-Kamis menjadi salah satu kunci kesehatan Nabi Muhammad SAW. Foto: Okezone/ Shutterstock

MEDAN, iNewsMedan.id - Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang peduli dengan kesehatan. Semasa hidupnya Rasulullah SAW hanya mengalami sakit dua kali saja.

Beliau sakit saat hijrah dari Makkah ke Madinah dan menjelang wafatnya. Hal ini tentu menjadi pertanyaan, bagaimana beliau bisa menjaga kesehatan dengan begitu baik?

Rahasia kesehatan Nabi Muhammad SAW terletak pada perilakunya yang baik dan menjadi teladan bagi umat manusia. Beliau tidak hanya patut dicontoh dalam aspek ibadah, tetapi juga dalam rutinitas sehari-hari. Salah satu kuncinya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW dalam merawat kebersihan lingkungan, diri, dan rohani inilah yang menjadi faktor utama kesehatannya. Beliau selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi, berwudhu, dan membersihkan gigi secara rutin. Beliau juga menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan rumah dan tempat tinggalnya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga memperhatikan kesehatan rohani. Beliau selalu menjaga ketenangan jiwa dengan berzikir, berdoa, dan melakukan amalan-amalan spiritual lainnya.

Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan. Beliau selalu menjaga pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut