get app
inews
Aa Read Next : Bersama Kelompok Tani, Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Panen Cabai Merah

Program Intercrop TPL: KTH Dolok Parmonangan Nauli Sukses Panen Cabai di Tengah Lonjakan Harga

Selasa, 26 Maret 2024 | 16:06 WIB
header img
Kelompok tani binaan TPL sektor Aek Nauli (AEN), KTH Dolok Parmonangan Nauli, panen cabai di Desa Pondok Buluh, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun. (Foto: Istimewa)

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Cabai merupakan salah satu bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak orang rela banting setir membudidayakan tanaman cabai, salah satunya KTH Dolok Parmonangan Nauli.

Petani cabai yang tergabung dalam KTH Dolok Parmonangan Nauli berbasis di Desa Pondok Buluh, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun. Mereka berdiri sejak tahun 2022, terdiri dari 30 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan kelompok tani binaan TPL sektor Aek Nauli (AEN).

Kelompok ini terbentuk karena adanya dukungan dari TPL melaui program intercrop. Di mana, TPL telah memberikan dukungan berupa bibit cabai, pupuk, kompos, mulsa serta monitoring pembinaan rutin terhadap tanaman intercrop KTH.


Kelompok tani binaan TPL sektor Aek Nauli (AEN), KTH Dolok Parmonangan Nauli, panen cabai di Desa Pondok Buluh, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun. (Foto: Istimewa)

Program intercrop merupakan pola menanam tanaman yang berdampingan dengan pohon eukaliptus. TPL sendiri mengenalkan program Intercrop dan coba diinisiasi kepada mitra PKR dan Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan TPL. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas lahan sehingga petani bisa memperoleh tambahan penghasilan.

“Panen cabai perdana ini dilaksanakan untuk terus memperkuat pola kemitraan agar masyarakat sekitar merasakan manfaat positif dari kehadiran perusahaan. Program Intercrop dilakukan sejalan dengan visi perusahaan yakni "Tumbuh dan berkembang bersama masyarakat," ujar Estate Manager sektor Aek Nauli, Julius Simbolon, Senin (25/3/2024).

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut