get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Cara Tarik Komisi Shopee Affiliate? Berikut Ulasannya

7 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa Pemula, Nomor 3 Peralatan Masak

Kamis, 08 Februari 2024 | 14:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas perlengkapan naiik gunung yang wajib dibawa pemula. Hal ini agar para pemula selamat pada saat mendaki gunung.

Alam liar sulit diprediksi. Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Bahkan, medan yang berat selama pendakian bisa berakibat musibah bila tidak siap dalam teknik maupun perlengkapan.

Nah, buat yang masih pemula, simak perlengkapan untuk naik gunung yang wajib dibawa berikut ini:

Perlengkapan untuk Naik Gunung 

1. Peta dan Alat Navigasi 

Ketika berada di alam terbuka yang terlihat tidak familiar, diperlukan peta dan alat navigasi handal yang dapat membantumu dan kawan-kawan tiba di pos gunung selama pendakian. Jika ragu untuk melanjutkan perjalanan, gunakanlah fitur GPS di smartphone untuk membantumu menemukan kembali ke jalur pendakian. 

2. Alas Kaki untuk Mendaki 

Salah satu peralatan mendaki gunung yang sangat penting untuk dibawa adalah alas kaki untuk mendaki. Pakailah sepatu gunung atau sandal gunung guna memastikan keamanan dan kenyamanan selama mendaki.

Sandal gunung cocok dipakai saat melewati medan tanah, berair hingga bebatuan. Sementara, sepatu gunung lebih direkomendasikan ketika menelusuri trek-trek yang berpasir, terjal atau licin. 

3. Peralatan Masak 

Alat masak untuk kebutuhan konsumsi makanan selama pendakian wajib dibawa. Alat memasak diperlukan untuk mengolah makanan padat kalori untuk membuatmu lebih bertenaga. Alat masak yang dibawa berupa nesting, kompor, dan panci kecil.  

4. Pakaian Outdoor 

Di alam liar, hari yang cerah bisa saja berubah menjadi gelap dan hujan deras berangin. Karena itu, pakailah pakaian berlapis guna mengantisipasi perubahan cuaca dan tingkat kesulitan aktivitas yang tidak bisa diprediksi selama pendakian.

Adapun jenis pakaian yang termasuk sebagai peralatan mendaki gunung adalah pakaian berbahan hangat, seperti topi hangat dan baju berbahan katun.

Di samping pakaian yang menghangatkan badan, pastikan untuk membawa topi rimba, jas hujan atau jaket anti air. Dengan begitu, tubuh pun akan tetap hangat dan terlindungi dari air hujan. 

5. Tenda dan Alat Tidur 

Pendaki gunung pastinya sudah familiar dan tahu fungsi tenda selama pendakian. Tidak hanya tenda, perlengkapan lainnya seperti alat tidur juga diperlukan untuk memberikan perlindungan terhadap suhu dingin di pegunungan.

Agar tubuh tidak kedinginan selama tidur di dalam tenda, persiapkan juga selimut yang bisa menghangatkan badan. 

6. Botol Air 

Air putih adalah salah satu hal penting yang perlu dibawa saat naik gunung. Maka dari itu, persiapkanlah botol yang bisa menampung air putih secukupnya untuk kebutuhan mendaki. Konsumsilah setengah liter air per jam saat menelusuri trek dengan tingkat kesulitan medium pada suhu sedang.

Bawalah air putih dalam secukupnya ketika berangkat mendaki. Lalu, pastikan untuk menandai titik-titik pengambilan air bersih untuk mengisi kembali botol air di tengah pendakian. 

7. P3K dan Perlengkapan Keamanan 

Pastikan juga untuk membawa kotak P3K untuk memenuhi kebutuhan pengobatan cedera atau penyakit selama pendakian. Selain itu, siapkan perlengkapan keamanan agar dapat mengantisipasi keadaan yang membahayakan. Seperti senter, headlamp, korek api dan peluit wajib ada di dalam ransel.

Itulah perlengkapan naik gunung bagi pemula. Dapatkan pakaian dan perlengkapan outdoor lengkap hanya di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut