get app
inews
Aa Read Next : Berapa Gaji Kerja di Jepang? Berikut Ulasannya

Ini 5 Pekerjaan Freelance Online bagi Pemula, Nomor 1 Penerjemah

Minggu, 11 Februari 2024 | 10:00 WIB
header img
Ini 5 Pekerjaan Freelance Online bagi Pemula, Nomor 1 Penerjemah. (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas lima pekerjaan freelance bagi pemula. Salah satunya menjadi penerjemah.

Pilihan karier sebagai freelance merupakan opsi bagi Anda yang ingin menghindari rutinitas kantor atau menginginkan fleksibilitas waktu yang lebih besar. Tak hanya itu, beberapa pekerjaan juga menawarkan gaji yang menggiurkan.

Freelance juga dapat didefinisikan sebagai bentuk pekerjaan yang tidak terikat oleh jam kerja tetap. Artinya, pekerja memiliki kebebasan untuk menentukan waktu dan lokasi kerja sesuai dengan proyek yang diterimanya.

Dengan melihat budaya kerja yang saat ini lebih banyak dilakukan secara hybrid dan online, peluang karier freelance cukup menjanjikan. Berikut daftar pekerjaan freelance online untuk pemula: 

1. Penerjemah 

Seorang penerjemah lepas berpotensi mendapatkan banyak klien secara bersamaan. Permintaan akan pekerjaan sebagai penerjemah terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

Dengan keahlian berbahasa asing yang solid, seseorang dapat menjadi penerjemah untuk perusahaan atau bisnis tertentu yang membutuhkan layanan tersebut. 

2. Data Entry 

Data entry merupakan salah satu bentuk pekerjaan lepas yang cukup mudah dipelajari. Jika Anda memiliki keahlian dalam mengetik dan mentransfer data, Anda dapat menawarkan layanan data entry.

Dalam mencari klien, Anda dapat mencarinya melalui platform-platform freelance atau mengajukan penawaran kepada perusahaan atau lembaga yang membutuhkan layanan data entry. 

3. Copywriter 

Copywriter merupakan salah satu pilihan untuk pekerjaan lepas online. Pekerjaan tersebut berfokus pada penulisan materi iklan, promosi, dan publisitas. Sebagian dari mereka juga mengkhususkan diri dalam menulis berita atau konten informatif lainnya. 

Sebagai seorang copywriter lepas, potensi penghasilannya cukup menjanjikan. Prospek pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang hingga tahun 2030. 

4. Admin Media Sosial 

Admin media sosial merupakan pekerjaan freelance online yang bisa Anda pilih. Tugasnya tidak hanya mencakup pengunggahan konten, tetapi juga meliputi manajemen keseluruhan media sosial. 

Tugas pekerjaan admin media sosial termasuk merespons pesan dari pelanggan, mencatat data pesanan daring, serta membuat konten promosi dan pemasaran yang sesuai dengan rencana dari pemilik produk atau merek.  

5. Animator 

Pekerjaan ini merupakan salah satu bentuk pekerjaan lepas yang memerlukan keahlian khusus. Jika Anda memiliki kemampuan dalam menggambar dan animasi, maka Anda dapat menawarkan layanan pembuatan animasi, termasuk animasi 2D, animasi 3D, dan lainnya.

Anda dapat mempelajari animasi secara mandiri atau mengikuti kursus online. Setelah menguasai keterampilan yang dibutuhkan, Anda dapat mencari klien melalui platform-platform freelance atau mengajukan penawaran kepada perusahaan atau lembaga yang membutuhkan layanan animasi.

Demikian ulasan 5 pekerjaan freelance online untuk pemula yang menarik untuk Anda ketahui. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut